Loading...

12 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga

Penulis: Damianus Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Jika anda mengunjungi counter minuman jus buah, kebanyakan mereka mulai menyediakan menu jus buah naga. Buah naga mulai laris dijual sebagai minuman jus semenjak buah ini dipercaya masyarakat mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Itulah mengapa, jus buah naga kini mulai laris diburu masyarakat yang ingin memiliki tubuh sehat.

jus buah naga

Loading...

Berdasarkan sejumlah penelitian, buah yang memiliki nama asli Pitaya atau Pitahaya ini mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya zat besi, karbohidrat, serat, betakaroten, protein, vitamin B1 dan B2, fosfor, flavonoid, vitamin C, provitamin A, kalsium, magnesium, lemak, niasin serta memiliki kandungan air cukup besar yakni mencapai 91 persen dari total berat buah naga.

Lantas apa saja manfaat mengonsumsi buah naga? Berikut 12 manfaat yang bisa anda peroleh dari buah naga.

Mencegah Penyakit Kanker

Buah naga juga dapat mencegah penyakit kanker karena memiliki antioksidan yang cukup banyak, dan memiliki sejumlah zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan vitamin C, magnesium, dan flavonoid yang ada dalam buah yang memiliki marga marga Selenicereus dan Hylocereus ini dapat membuat arteri dalam tubuh anda jauh lebih lentur.

Dengan mengonsumsi buah naga akan memperlancar aliran darah dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Membantu Program Diet

Dengan mengonsumsi buah naga, akan program diet yang tengah anda lakukan. Buah naga memiliki kandungan kalori sebesar 60 kkal untuk setiap 100 gramnya.

Jadi dengan mengonsumsi buah naga sebagai pengganti makanan, tidak akan membuat anda gemuk dan justru akan membantu program diet yang tengah anda lakukan.

jus buah naga

Bagus Untuk Kulit

Antioksidan yang ada dalam buah naga juga bermanfaat menjaga kulit. Selain itu buah naga juga bisa dimanfaatkan sebagai masker dan juga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Untuk membuat masker buah naga caranya cukup mudah, anda hanya tinggal membuat jus buah naga kemudian oleskan jus tersebut pada bagian muka dan kulit. Jadi jus buah naga  ini akan bermanfaat ganda, selain bisa dioleskan juga bisa diminum.

Menurunkan Kolesterol

Buah ini dapat menurunkan kolesterol, karena di dalamnya mengandung betakaroten, vitamin C, serat, serta rendah kalori namun kaya akan karbohidrat.

Kandungan zat yang ada dalam buah yang konon berasal dari negara Meksiko ini dipercaya dapat mengatur kadar gula dalam tubuh manusia dan bisa menurunkan kolesterol.

Melancarkan Pencernaan

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, buah naga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mulai saat ini jangan ragu-ragu lagu untuk memasukkan buah naga dalam menu harian anda, dengan mengkonsumsinya secara rutin, akan membantu anda melancarkan pencernaan.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Dragon Fruit (sebutan lain dari buah naga) memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga akan membantu menjaga sekaligus juga meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Berguna Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil pun bisa mengonsumsi buah naga tanpa perlu merasa khawatir, mengapa demikian?

Dengan mengonsumsi buah naga akan membantu buah hati untuk mendapatkan asupan kalsium dan fosfor yang cukup sejak masih dalam kandungan. Sehingga nantinya bayi dapat tumbuh dengan memiliki gigi dan tulang yang kuat.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Mengapa demikian? Karena buah naga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Meningkatkan Nafsu Makan

Kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang banyak pada buah naga, akan meningkatkan nafsu makan anda. Perlu anda ketahui, vitamin B1 dan vitamin B2 berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

Bagi anak-anak ataupun mereka yang tengah sembuh dari sakit, cocok untuk mengkonsumsi buah ini sehingga akan mengembalikan nafsu makan mereka.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Betakaroten yang ada dalam buah naga juga bisa menjaga kesehatan mata. Jika anda ingin memiliki mata yang sehat, rutinlah makan buah naga.

Mencegah Penuaan Dini

Dengan mengonsumsi buah naga juga dapat mencegah penuaan dini, mencegah diabetes melitus, serta juga dapat merawat jantung agar tetap sehat.

**

Itulah sejumlah manfaat buah naga. Mulai dari sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk mengonsumsi buah naga, mengingat banyaknya manfaat buah naga untuk kesehatan anda.

Selamat mencoba!!