Loading...

Yuk, Bikin Iga Bakar Sendiri!

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Resep

iga bakar

TERUSKAN.COM – Iga sapi merupakan salah satu bagian dari daging sapi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia dan banyak negara di dunia. Ada banyak variasi masakan yang terbuat dari iga sapi seperti misalnya iga sop, iga penyet, iga bakar atau pun iga semur.

Bagi Anda penggemar iga, tentu saja tidak asing dengan salah satu variasi iga yang satu ini yaitu iga bakar. Iga bakar merupakan salah satu masakan yang berbahan utama iga yang berdaging dan kecap. Iga bakar juga termasuk salah satu menu andalan yang dicari banyak orang selain jenis masakan iga lainnya.

Loading...

Yah, masa ini iga bakar telah menjadi menu spesial di banyak restoran dan rumah makan. Ini disebabkan oleh rasanya yang empuk dan gurih senantiasa menggoyang lidah yang memakannya.

Resep dan Cara Membuat Iga Bakar Kecap

Sebenarnya banyak jenis iga bakar yang telah berkembang di masyarakat seperti misalnya iga bakar madu, iga bakar penyet, sop iga bakar, iga bakar lada hitam, ataupun steak iga bakar.

Tapi kali ini kita akan mencoba membuat iga bakar kecap dengan resep yang sederhana, mudah dan menyenangkan.

Bahan Utama

  • 1 kg iga sapi berdaging (dipotong sekitar 15-20 cm)
  • 1,5 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 cm jahe
  • Garam secukupnya

Bumbu Olesan

  • 1 sdm air jeruk nipis
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh pala bubuk
  • 2 sendok makan kecap manis

Bahan Pelengkap

Wortel rebus, mentimun, kentang goreng, kol dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda. Jika perlu suguhkan pula sambal bawang atau sambal terasi agar rasanya semakin nikmat.

Setelah semua bahasan siap, maka Anda bisa langsung mulai memasaknya.

Cara Memasak

1. Panaskan minyak goreng secukupnya di atas kompor. Setelah panas, masukkan bumbu halus yang telah disediakan. Masukkan juga dua lembar daun salam dan sedikit garam.

2. Setelah harum, masukkan air yang telah disediakan.

3. Jika air telah mendidih, masukkan daging iga hingga dagingnya empuk dan berubah warna. Agar daging lebih mudah empuk, sebaiknya gunakan panci bertekanan (presto) selama lebih kurang 10 menit.

4. Tusuk-tusuk daging iga agar bumbunya meresap dengan sempurna. Setelah itu tiriskan dan angkat.

5. Tahap berikutnya yaitu menyiapkan bumbu olesan. Campur semua bumbu oles yaitu jeruk nipis, merica bubuk, pala bubuk dan kecap manis dalam satu mangkok. Setelah rata, maka Anda bisa menyiapkan panggangan.

6. Setelah panggangan panas, Anda bisa langsung membakar iga sambil diolesi bumbu. Jangan lupa dibolak-balik. Setelah agak kering dan kecokletan, angkat iga dan taruh dalam piring saji.

7. Sajikan iga bakar bersama pelengkapnya.

***

Nah, itulah resep sederhana membuat iga bakar yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Jadikan iga bakar sebagai menu di hari spesial Anda dan keluarga.

Tapi yang perlu Anda ingat juga adalah jangan terlalu berlebihan mengkomsumsinya. Iga bakar yang awalnya enak bisa jadi berdampak buruk manakala dikomsumsi secara berlebihan.

Semoga resep ini bermanfaat dan selamat memasak!