Tips Untuk Memilih Kamera Digital

Digital-Camera-LensKamera Digital

Saat ini kamera digital sudah menjadi lebih menarik karena telah banyak kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaannya. Serta harga yang mulai terjangkau bahkan untuk ukuran seorang fotografer amatiran sekalipun.

1. Memilih Kamera Digital

Ketika memilih kamera, buatlah daftar fitur apa yang harus dimiliki oleh kamera tersebut dan fitur apa yang disukai. Fitur penting untuk dipertimbangkan adalah pengaturan lensa, viewfinder, resolusi sensor, penyimpanan, dan kemudahan penggunaan.

Loading...

Kamera dibagi ke dalam kategori berdasarkan siapa yang akan menggunakan, perangkat dan bagaimana kamera akan digunakan.

2. Web Cam Dan Kamera Ponsel

Web Cam seperti kamera TV masih memiliki resolusi yang rendah. Cocok digunakan untuk hal-hal seperti video conferencing. Kamera ponsel adalah kamera yang berada di ponsel yang memiliki kemampuan fotografi.

Beberapa ponsel yang memiliki kamera beresolusi 2 megapiksel atau lebih. Malah, terkadang ada beberapa ponsel kamera yang kualitasnya melebihi kamera digital yang harganya di bawah kisaran $500.

3. Kamera Standar Dan Harga

Kebanyakan kamera dasar menawarkan kemampuan point-and-shoot, bisa mencapai 5 MB resolusi, lensa pengantar, auto-exposure, dan harga di bawah $200.

READ:  6 Panduan Dalam Membeli Kamera Digital

Ada pengecualian, karena orang-orang telah menemukan model kamera 6-meg yang menawarkan lensa zoom 3x dan 32MB memori (built in) dengan kisaran harga hanya $169.

Tampaknya seolah-olah kamera kini menawarkan resolusi yang lebih tinggi dan lebih banyak fitur. Jenis kamera ini cocok untuk orang yang senang untuk menggunakan kamera yang membutuhkan beberapa fitur yang lebih dan hasilnya dapat diperbesar hingga 7 kali.

4. Kamera Kualitas Tinggi

Kamera digital kualitas medium memiliki resolusi 5 sampai 8 megapiksel dan harga di kisaran $200 dan $400. Memiliki lensa zoom 3:1 atau 5:1, mempunyai fiture secure digital, kemampuan penyimpanan CompactFlash. Bisa close up fokus, mode burst dan beberapa kontrol manual. Banyak fotografer senang dengan kamera dalam kategori ini.

Ada kamera digital besar yang biaya sekitar $400 sampai $800. Kamera ini biasanya memiliki 5 megapixel atau lebih. Kamera ini memiliki lensa zoom yang baik 5:1 sampai 12:1, banyak aksesoris, mode eksposur memungkinkan kamera ini untuk pro.

Ada banyak kamera yang bagus yang bisa menghasilkan gambar-gambar yang cantik. Meskipun demikian harus banyak berlatih untuk bisa mendapatkan gambar tersebut.

READ:  Tips dan Cara Memilih Kamera untuk Mengabadikan Momen Olahraga

5. Kamera Profesional

Beberapa professional di bidang fotografi menyarankan para fotografer amatiran untuk menggunakan kamera non-SLR yang kisaran harganya $600 samapai $800 dengan fitur yang mungkin ingin anda miliki. seperti, memiliki 8 sampai dengan 10 Megapixel, Lensa berkualitas tinggi, viewfinder dan berbagai macam aksesoris.

Anda akan mendapatkan keduanya yaitu auto dan manual fokus, banyak mode eksposur otomatis, dan kemampuan multi-shot. Pada tahun 2003, prosumer jenis kamera SLR dimulai oleh Canon ketika keluar dengan kamera dengan harga $999 dikenal sebagai Digital Rebel.

6. Harga Kamera Yang Semakin ‘Jatuh’

Harga kamera DSLR diperkirakan akan terus jatuh sebagai pembuat model high end yang harus bersaing dengan model kamera yang sama dengan biaya yang lebih rendah yang fitur dikemas sama.

Tapi fotografer profesional lebih memilih akan terus membayar harga yang lebih tinggi untuk fitur yang mereka manfaatkan seperti rapid shots yang tidak tersedia pada kamera dengan harga yang lebih rendah.

**

Sepertinya banyak pekerjaan yang membutuhkan kamera yang benar padahal sebetulnya tidak. Apapun kamera yang Anda pilih dari penjual yang terpercaya harusnya bisa membuat Anda mendapatkan gambar yang bagus. Rasanya sangat sulit untuk memilih kamera yang mana yang harus dibeli saking banyaknya pilihan.

READ:  5 Aplikasi Android yang Aman untuk Perkembangan Anak

Tapi, yang harus dipertimbangkan adalah belilah kamera sesuai kebutuhan meskipun harganya akan menjadi sedikit lebih mahal.  Jangan sampai terpengaruh oleh iklan sehingga Anda berfikir akan membutuhkan fitur ini padahal tidak.

(foto: digitalcamera-printer.us)