Loading...

5 Tips Jitu Atasi Demam Panggung

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Dunia Karir, Pendidikan

TERUSKAN.COM – Public Speaking mengambil peranan yang sangat penting dalam penyampaian informasi dan teknik komunikasi. Keahlian ini begitu penting sampai-sampai harus ada dalam diri setiap orang, tidak hanya para pejabat negara, artis atau para orator profesional.

Salah satu kendala terbesar yang sering dialami oleh pemula belajar public speaking adalah mengalami demam panggung. Menurut para ilmuwan psikologi, demam panggung wajar dialami oleh orang yang berpidato di depan umum, membaca presentasi depan kelas, ataupun berbicara di depan kamera karena mereka merasa diawasi oleh banyak orang.

Meskipun wajar, demam panggung bisa saja membawa dampak buruk bagi penampilan Anda.

Loading...

Keluar keringat berlebih pada sekujur tubuh, berbicara tidak jelas, rasa cemas tidak menentu, gemeteran, tidak bisa berkonsentrasi, dan bahkan banyak orang tiba-tiba diam dan tidak berani bicara karena terlalu takutnya. Kalau begini kejadiannya tentu saja akan menghancurkan penampilan Anda sendiri.

DEMAM PANGGUNG

Sejatinya, demam panggung tidak begitu susah untuk diatasi. Bagi Anda yang masih saja nervous saat tampil di depan banyak orang, beberapa tips mengatasi demam panggung berikut akan berguna:

Persiapan yang matang

Kunci pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi demam panggung adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Apakah itu terkait dengan bahan yang akan Anda sampaikan atau bahkan terkait penampilan Anda sendiri.

Percaya atau tidak, sejauh mana Anda mempersiapkan bahan akan menentukan kesuksesan Anda saat tampil. Banyak orang yang grogi karena tidak tau apa yang hendak mereka sampaikan. Karena itu, cobalah berlatih dan berlatih. Anda bisa menggunakan media cermin sebagai alat latihan.

Begitu juga dengan penampilan, penampilan yang rapi akan menambah kepercayaan diri, sehingga mengurangi sikap tidak percaya diri Anda saat tampil. Sesuaikan pula pakaian Anda dengan jenis acara.

Datang lebih awal

Dengan datang lebih awal, Anda bisa mempelajari dekorasi dan penonton. Sehingga Anda tidak akan kaget begitu naik panggung yang ternyata begitu besar dengan penonton yang banyak. Datang lebih awal juga akan memberi waktu bagi Anda untuk menenangkan pikiran dan merilekskan diri sebelum tampil.

Banyak orang yang gugup bahkan tidak tau apa yang akan mereka ucapkan karena datang dalam keadaan tergesa-gesa. Keringatnya akan keluar dan pikirannya kacau.

Selain itu, datang lebih awal tentu saja akan memberi waktu bagi Anda untuk membaca ulang bahan yang akan Anda presentasi atau sampaikan.

Tanamkan pikiran positif

Kebanyakan mereka yang demam panggung disebabkan karena terlebih dahulu menanamkan pikiran negatif. Pikiran negatif seperti “Aku tidak akan berhasil dengan penonton yang segini banyaknya” hanya akan membuat gerogi dan demam panggung Anda meningkat.

Oleh karena itu, berpikir positiflah dan ucapkan, “Aku pasti bisa! Para penontonnya hanya sedikit!” atau dengan pikiran positif lainnya.

Mengatasi Demam Panggung

Tersenyum kecil saat masuk pentas

Untuk mengurangi demam panggung, Anda juga bisa menyebar pandangan ke arah penonton dengan senyuman kecil begitu masuk ke area panggung.

Ini akan membuat Anda lebih rileks dan santai untuk memulai penampilan Anda.

Keluarkan sedikit humor

Tertawa akan membuat situasi menjadi santai dan menjadi cara ampuh untuk menghilangkan nervous. Anda bisa memberikan sedikit humor atau cerita lucu yang bisa membuat penonton tertawa.

Hanya saja, Anda juga harus paham apakah acara tersebut formal, semi formal atau acara santai. Sehingga Anda bisa mensiasati kapan Anda harus mengeluarkan humor dan kapan Anda tidak pantas mengeluarkan humor. Biasanya humor dilakukan pada acara-acara yang sifatnya santai dan tidak terlalu formal.

***

Nah, itulah beberapa tips agar Anda tidak demam panggung saat public speaking. Semoga penampilan dan presentasi Anda berjalan dengan sukses. Selamat mencoba!