Loading...

5 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Infeksi Sinus

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

infeksi sinus

TERUSKAN.COM – Nodul tiroid membengkak, hidung tersumbat dan sakit kepala merupakan beberapa tanda yang paling umum dari infeksi sinus. Ini adalah infeksi yang paling mungkin menyerang mereka yang terlalu senang mengkonsumsi sesuatu yang dingin.

Untuk mencegah gejala ini, sistem kekebalan tubuh yang kuat sangatlah diperlukan. Dan tentu saja gaya hidup sehat dan kebiasaan makan yang sehat juga memiliki peran yang penting.

Loading...

Namun, jika infeksi telah menyerang Anda, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah segera mengambil tindakan pencegahan. Pertama-tama dengan mencari tahu apa itu infeksi sinus dan hal apa saja yang menyebabkan hal tersebut. Setelah itu Anda harus mulai memilah makanan atau minuman mana yang harus Anda hindari.

Infeksi sinus disebabkan oleh virus, ini adalah hasil dari konsumsi makanan dan minuman yang bersifat dingin. Gejala infeksi sinus mirip dengan flu, sehingga orang terkadang keliru dalam melakukan pencegahan serta pengobatan.

Seperti flu biasa, gejala infeksi sinus termasuk hidung tersumbat, sakit kepala, lendir berbau busuk kekuningan, sakit di sekitar mata dan rahang atas serta demam.

Dalam pengobatan penyakit apapun, diet memainkan bagian yang penting. Demikian pula selama infeksi terjadi, makanan penderita sinus harus dijaga dengan baik agar penyakit dapat cepat sembuh.

Infeksi sinus mungkin akan membuat Anda cukup menderita, maka dari itu perlu untuk mengikuti tindakan pencegahan khususnya dalam hal makanan.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari selama infeksi sinus menyerang:

Minuman berkafein

Berbagai minuman yang mengandung kafein, sering menyebabkan dehidrasi, hal ini pasti akan memberi pengaruh yang buruk bagi gejala infeksi sinus seperti hidung tersumbat. Hidung Anda hanya akan semakin tersumbat dan kesulitan untuk mengeluarkan lendir.

Item dingin

Mengonsumsi minuman dingin atau es krim mungkin tidak begitu mempengaruhi intensitas infeksi, tetapi pasti dapat menyebabkan nyeri di tulang pipi dan kepala.

Ini bukan rasa sakit yang akan berlangsung lama, tetapi saat hal tersebut terjadi, maka dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang besar. Selanjutnya, ini akan menyebabkan penebalan lendir.

Produk susu

Baik itu susu, keju ataupun produk susu lainnya, mereka semua dapat berpengaruh terhadap dahak yang menyebabkan ketidaknyamanan pada infeksi sinus.

Peran produk susu dan kaitannya dengan dahak telah banyak diperdebatkan, produk ini dikatakan belum pasti dapat menyebabkan pembentukan atau penebalan dahak yang sudah ada, namun akibatnya tidak baik bila dikonsumsi bagi penderita sinus.

Alkohol

Seperti minuman berkafein, alkohol juga cenderung membuat tubuh dehidrasi. Hal ini menyebabkan penebalan lendir dan memburuknya infeksi sinus.

Sedangkan cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga lendir mengalir dengan bebas. Namun konsumsi alkohol sekali lagi dapat menyebabkan peningkatan kemacetan akibat lendir.

Makanan pedas

Hal ini mungkin atau tidak, buruk bagi setiap orang yang menderita infeksi sinus. Dalam beberapa kasus, makanan pedas dapat menyebabkan pilek dan dapat menyebabkan pembersihan lendir, sementara untuk orang lain, makanan ini dapat memperburuk masalah.

Jika Anda mendapati bahwa konsumsi makanan pedas bekerja buruk bagi infeksi sinus, segera hentikan menikmati makanan ini.