Loading...

9 Macam Ancaman Terhadap Jaringan Komputer

Penulis: Visyam89 Rubrik: Internet, Teknologi

TERUSKAN.COM – Jaringan komputer harus dilindungi dari berbagai ancaman, jika tidak tentu merugikan kita dalam bekerja. Apabila ancaman sudah masuk ke dalam komputer, dapat menyebabkan kinerjanya menjadi lamban, sulit untuk mengakses internet, atau tidak bisa membuka file-file tertentu dan lain sebagainya.

Berikut ini penjabaran beberapa ancaman virus pada jaringan komputer yang dapat merugikan baik pada keseluruhan sistem maupun pada aplikasi jaringan internal dan eksternal adalah :

9 Macam Ancaman Terhadap Jaringan Komputer

Loading...

Remote Log in

Pengganggu ini terjadi pada saat seseorang dapat terhubung dengan suatu komputer dan berkemampuan untuk mengontrol terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan sumber daya yang berada di dalam komputer atau host tersebut. Misalnya seseorang bisa melihat bahkan sampai mengakses data pada komputer tersebut dengan cara menjalankan program yang ada.

Application Backdoors

Sebuah ancaman yang berasal dari beberapa program dengan fitur khusus yang memungkinkan untuk melakukan akses jarak jauh (remote access). Bahkan pada beberapa program mengandung backdoor atau akses tersembunyi yang dilengkapi dengan level kontrol terhadap program dan komputer.

SMTP Session Hijacking

SMTP adalah metode yang sudah umum digunakan untuk mengirimkan email. Sedangkan SMTP session hijacking merupakan sebuah gangguan yang memungkinkan seorang dengan mudah mengakses daftar email yang ada. Orang tersebut dapat mengirimkan email kepada ratusan atau lebih pengguna email (user), ini biasa disebut dengan spam atau unsolicited junk email.

Biasanya, dilakukan dengan cara melakukan penumpangan pada server SMTP dengan tidak dicurigai, sehingga dapat mengirimkan ratusan email tersebut atau disebut juga proses redirecting. Dan akan sulit sekali pelacakan untuk mengetahui siapa pengirim spam sebenarnya.

Operating System Bugs

Sebuah gangguan yang mempengaruhi kinerja komputer yang masuk melalui celah keamanan pada perangkat keras maupun perangkat lunak.

Email Bombs

Merupakan serangan seseorang yang memungkinkan mengirim ratusan atau ribuan email pada satu alamat email saja, sehingga sang korban tidak bisa lagi menerima pesan.

Macro

Serangan yang bisa menyebabkan kerusakan data pada komputer melalui script atau macro berisi perintah untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Virus

Virus merupakan gangguan paling utama yang bisa mempengaruhi kinerja komputer atau akses internetnya. Sekarang ini, berkembang berbagai macam virus dari segi cara, metode, efektivitas, pembuatan, tingkat kerusakan maupun kecepatan dalam penyebarannya sangatlah bervariasi. Seperti, malware, W32.Balster.Wom, dll.

Redirect Bombs

Sebuah serangan yang menggunakan ICMP untuk mengubah arah informasi atau serangan menuju router lainnya.

Source Routing

Memungkinkan seorang hacker menyerang melalui paket data yang berjalan pada satu atau banyak network ditentukan oleh router dengan perhitungan berdasarkan informasi rute yang dimiliki router tersebut. Sehingga seolah-olah paket data tersebut berasal dari alamat pengirim yang sebenarnya (sah).

Selain ke-9 ancaman yang mempengaruhi komputer dan jaringannya, ada juga jenis serangan-serangan lain, yaitu :

  • Broadcast Amplication
  • Denial of Service (DoS)
  • Serangan TCP SYN
  • Spoofing

Banyak metode yang dapat dilakukan untuk membangkitkan berbagai serangan di atas termasuk dengan menggunakan virus.