Loading...

Manfaat Tanaman Kencur Untuk Mengatasi Jerawat

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan

Manfaat Tanaman Kencur

TERUSKAN.COM – Kencur adalah temu-temuan berukuran kecil yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini sendiri dapat dengan mudah tumbuh, meskipun tanpa ditanam dan hanya dibiarkan tergeletak di tanah akan tumbuh dengan sendirinya asalkan mendapatkan pasokan air yang memadai.

Jika anda berkeinginan untuk membudidayakan tanaman ini namun tidak memiliki lahan yang luas, maka anda bisa mencari solusinya dengan menggunakan pot. Kemudian letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.

Loading...

Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan jika menanam tanaman ini sendiri. Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang beraroma khas dan dapat digunakan pada beragam masakan khas Indonesia.. Selain sebagai bumbu, kencur juga kerap dimanfaatkan untuk berbagai hal, misalnya untuk mempercantik penampilan dan perawatan kulit.

Salah satu manfaat kencur yang dapat diambil untuk kecantikan yaitu mengatasi jerawat. Memang banyak bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi jerawat akan tetapi tentunya menggunakan kencur juga bisa anda jadikan sebagai solusinya.

Mungkin manfaat kencur untuk menyembuhkan jerawat memang seakan kurang familir di telinga kita tetapi tentunya tidak ada salahnya jka anda mencobanya. Apalagi kencur adalah bahan alami, saat anda menggunakannya anda akan terhindar dari efek samping bahan kimia yang akan membahayakan kulit wajah.

Cara Membuat Masker Kencur

Jika anda merasa tertarik untuk menggunakan kencur sebagai pembasmi jerawat, maka anda bisa menjadikan masker kencur dengan cara-cara berikut ini:

1. Ambil kencur secukupnya dan cuci sampai bersih lalu parut dan ambil airnya.
2. Diamkan air kencur selama beberapa menit sehingga air mengendap secara perlahan.
3. Cuci wajah anda terlebih dahulu dan oleskan pada wajah secara merata sebelum tidur.
4. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan cuci wajah dengan air bersih.

Manfaat Kencur Untuk Mengatasi Jerawat

Selain diolah dengan cara di atas, kencur juga bisa loh digunakan secara langsung unuk mengatasi wajah yang berjerawat.

Caranya cukup mudah, di mana anda hanya perlu memotong kencur beberapa bagian dan gosokkan pada kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat lalu disusul dengan air dingin untuk kembali menutup pori-pori yang terbuka karena air hangat.

Selain menggunakan kencur, mengatasi kulit yang berjerawat juga memerlukan perhatian lebih. Anda harus melakukan beberapa cara agar jerawat tidak muncul kembali di wajah anda, yaitu :

• Bersihkan wajah saat wajah terasa kotor, terutama saat anda habis pergi

• Saat membersihkan wajah, maka anda dapat menggunakan air hangat. Air hangat ini akan berfungsi untuk membuka pori-pori sehingga kotoran yang menempel pada pori-pori dapat terangkat dengan mudah. Akan tetapi ingat untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas karena hal ini malah akan membuat kulit menjadi kering

• Saat jerawat muncul, hindarilah memencet jerawat dengan tangan, apalagi tangan anda kotor. Hal ini akan membuat jerawat menjadi lebih parah

• Perbanyaklah meminum air putih minimal 8 gelas perh hari karena air putih dapat membantu kulit tetap lembab

• Rutinlah berolahraga karena dengan berolahraga dapat membantu anda terhindar dari stress yang memicu timbulnya jerawat

**

Demikian manfaat kencur untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Semoga bermanfaat.