Loading...

4 Tips Mudah Merawat Ikan Untuk Pemula

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Bisnis, Fun

TERUSKAN.COM – Apakah kalian termasuk seseorang yang menyukai hewan? Atau mungkin kalian memelihara hewan di rumah? Nah kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mudah merawat ikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Ikan yang akan kita bahas di sini adalah perawatan ikan hias tentunya, bukan ikan tambak yang dipelihara untuk kemudian dipanen. Simak yuk ulasannya berikut ini.

4 Tips Mudah Merawat Ikan Untuk Pemula

Loading...

1.  Tempat

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan atau mungkin telah memelihara ikan, masalah tempat tentu harus diperhatikan. Masalah tempat yang seperti apa? Jika Anda menggunakan media aquarium sebagai habitat si ikan sebenarnya itu tidak menjadi masalah, asalkan Anda memberikan tempat yang cukup bagi si ikan.

Jangan sampai Anda memasukkan ikan-ikan yang Anda pelihara di sebuah aquarium kecil, apalagi jika ikannya berukuran besar, kasian ikannya tidak bisa bergerak dengan leluasa. Berikan ruang yang cukup luas agar ikan bisa bergerak dengan bebas.

Selain itu, aquariumnya juga harus selalu dibersihkan agar tidak berlumut dan mengubah warna airnya menjadi hijau dan bau.

Apabila tempat yang Anda sediakan berupa kolam buatan, itu juga tidak masalah. Akan tetapi, jika kolam buatan tersebut baru dibuat, Anda harus memastikan bahwa kolam tersebut tidak berbau semen. Ya, biasanya kolam yang beru dibuat akan berbau semen selama beberapa hari.

Bagaimana agar baunya hilang? Anda bisa memasukkan air ke dalam kolam hingga terisi ¾ nya. Setelah itu, biarkan selama satu minggu dan kemudian buang airnya. Setelah itu, kolam bisa diisi dengan air yang baru sekaligus diisi ikan. Jangan lupa untuk membersihkan kolamnya seminggu atau dua minggu sekali.

2. Kondisi air

Untuk keadaan air tentu Anda juga tahu bahwa ada beberapa ikan yang harus selalu diberikan oksigen, misalnya ikan mas koki, karena jika tidak diberi oksigen ikan akan mati. Jadi, jangan lupa untuk memakai oksigen pada aquarium atau kolam ikan Anda.

Selain oksigen, usahakan air selalu diganti tentunya setiap seminggu sekali. Karena jika tidak diganti, airnya akan menjadi kotor karena berlumut, selain itu sisa pakan ikan juga akan membuat air menjadi kotor dan bau jika tidak diganti secara berkala.

3. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan sebenarnya sama saja, yakni Anda bisa memberikan pellet pada ikan peliharaan sebagai makanannya. Namun, perlu diperhatikan satu hal, yakni mengenai jadwal memberikan makan.

Banyak orang yang tak tahu tentang memberi makan ikan, terutama yang baru mempunyai ikan peliharaan. Mereka umumnya akan memberikan pakan kepada sang ikan sebanyak dua sampai tiga kali sehari, padahal sebenarnya cukup diberikan satu kali saja, entah itu setiap pagi atau malam hari.

Kenapa hanya satu kali? Itu untuk menjaga keadaan air tetap bersih, selain itu juga akan membantu keadaan pencernaan ikan agar tidak mati karena kekenyangan. Biasanya ikan mas koki sering sekali mati karena kekenyangan, ya, ikan tersebut akan terus makan selama masih ada makanan di sekitar, hingga pada akhirnya  akan kekenyangan.

Bagaimana mengetahui mereka kekenyangan? Caranya cukup mudah, yakni apabila Anda melihat ikan mas koki Anda berenang dalam keadaan terbalik, itu artinya si ikan sudah kekenyangan.

4. Penyakit

Untuk masalah penyakit, biasanya penyakit ikan adalah jamur. Ya, jamur-jamur tersebut biasanya menempel di bagian ekor atau bagian sirip bawahnya. Jadi ketika Anda membersihkan tempat ikan, jangan lupa untuk memerhatikan keadaan ikannya juga.

Jika Anda melihat sesuatu yang aneh berbentuk bulan dan seperti lendir, maka itu adalah jamurnya. Jadi, pastikan Anda untuk membersihkan jamur tersebut dari badan  ikan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.