Loading...

Cara Menanam Hidroponik di Rumah

Penulis: Damianus Rubrik: Bisnis, Teknologi

TERUSKAN.COM – Anda memiliki hobi berkebun dan ingin memiliki ladang sayuran di rumah namun rumah anda tidak memiliki halaman luas?

Jangan berkecil hati karena saat ini ada teknologi baru yang akan membantu anda untuk tetap bisa berkebun meski tidak memiliki ladang atau halaman luas di rumah. Teknologi ini dinamakan hidroponik.

Anda bisa menanam berbagai macam tanaman atau sayuran tanpa pestisida dengan teknologi hidroponik. Dengan menggunakan teknologi ini kita bisa menanam sayuran atau tumbuhan yang lain dengan menggunakan air sebagai media pengganti tanah. Maka bagi yang tidak memiliki lahan atau halaman yang luas, jelas teknologi ini sangat membantu.

Loading...

Hidroponik adalah metode budidaya tanaman atau tumbuhan dengan menggunakan air sebagai media pengganti tanah. Akan tetapi air yang digunakan sebagai media diperkaya dengan nutrisi.

hidroponik

Selain itu dengan menggunakan hidroponik akan memudahkan untuk anda untuk melihat atau mengelola sejauh mana nutrisi yang dibutuhkan tanaman, kemudian juga memudahkan anda untuk mengendalikan hama dan proses pencahayaan akan jauh lebih mudah untuk dikelola.

Dengan menggunakan metode ini akan jauh lebih ramah lingkungan dan aman untuk dikonsumsi. Mengingat hidroponik tidak membutuhkan pestisida dan herbisida beracun sehingga tanaman anda akan jauh lebih aman, bebas dari bahan-bahan kimia dan menyehatkan jika hendak dikonsumsi.

Kemudian dengan menggunakan metode ini, proses pertumbuhan tanaman jauh lebih cepat 50 persen daripada tanaman yang ditanam di tanah. Proses pertumbuhan ini jauh lebih cepat, mengingat dengan metode hidroponik, tumbuhan langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya nutrisi.

Dengan model seperti ini, tanaman pun tidak membutuhkan akar yang besar untuk mencari nutrisi. Karena akar hanya kecil energi yang dikeluarkan untuk membuat akar pun jauh lebih sedikit, dan energi lain bisa disalurkan pada bagian lain dari tanaman tersebut.

Cara Menanam Hidroponik di Rumah

Jika anda ingin mencoba mempraktekkan menanam tanaman dengan menggunakan metode hidroponik, kami sediakan sejumlah cara menanam dengan hidroponik yang bisa anda praktekkan di rumah.

Berikut sejumlah alat dan bahan yang akan anda butuhkan untuk membuat hidroponik sederhana di rumah.

  • Botol air mineral bekas
  • Gelas plastik bekas air mineral
  • Jerigen plastik bekas minyak goreng
  • Kain panel untuk sumbu
  • Nutrisi hidroponik
  • Media tanam seperti rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang pecahan bata merah

hidroponik

Kemudian untuk proses pembuatan hidroponik dengan menggunakan botol plastik air mineral, sebagai berikut:

1.  Langkah pertama potong botol air plastik air mineral menjadi dua bagian.

2. Kemudian langkah kedua adalah lubangi bagian atas atau leher botol plastik yang akan digunakan sebagai tempat untuk memasang sumbu.

3. Pasang sumbu di bagian atas botol atau di bagian botol yang lehernya sudah dilubangi.

4. Langkah keempat, masukkan secara terbalik bagian atas yang sudah sudah dipasangi sumbu ke dalam bagian botol plastik yang satunya.

5. Selanjutnya masukkan media tanam seperti rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang pecahan bata merah. Cari yang mudah didapatkan, mengingat media tanam ini hanya digunakan pijakan bagi akar agar tidak rebah.

6. Selanjutkan tanam 2 hingga 3 biji bibit ke dalam botol yang sudah dilengkapi dengan media tanam dan sumbu.

7. Selanjutnya siram tanaman dengan dengan air ata larutan nutrisi hidroponik.

8. Kemudian langkat terakhir, letakkan tanaman hidroponik di tempat yang aman dari air hujan, namun usahakan agar tempat tersebut juga tetap ada sinar matahari.

hidroponik

Kemudian proses pembuatan hidroponik dengan jerigen bekas minyak, sebagai berikut :

1.  Lubangi jerigen bekas yang sudah tidak terpakai. Lubangi dengan cutter atau bor, dan usahakan jarak lubang tidak terlalu dekat. Biasanya dengan menggunakan jerigen bisa membuat empat lubang.

2. Kemudian lubangi bagian bawah gelas plastik air mineral dengan soldir listrik, dan selanjutnya pasang sumbu di gelas platik tersebut.

3. Langkah ketiga isi gelas plastik dengan media tanam seperti yang ditulis di atas. Namun dari media tanam yang banyak digunakan, arang sekam paling banyak digunakan mengingat jauh lebih steril.

4. Masukkan 2 hingga 3 biji bibit tanaman ke dalam gelas plastik air mineral.

5. Setelah itu masukan larutan nutrisi ke dalam jerigen.

6. Langkah keenam, masukan gelas plastik yang sudah berisi media tanam dan bibit tanam ke dalam jerigen.

7. Langkah terakhir, taruh di teras namun hindarkan dari air hujan. Akan tetapi usahakan agar tanaman tetap mendapatkan sinar matahari.

**

Nah itu sejumlah cara menanam tanaman dengan menggunakan metode hidroponik. Jadi bagi anda pecinta tanaman namun tidak memiliki lahan atau halaman, kini sudah ada solusinya yaitu dengan menggunakan metode tersebut. Selamat mencoba!!

(Gambar: ragambudidaya.blogspot.com)