Loading...

 5 Vitamin Berbahaya Saat Dikonsumsi Berlebihan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

 5 Vitamin Berbahaya Saat Dikonsumsi Berlebihan

TERUSKAN.COM – Vitamin menurut fungsi dan manfaatnya penting untuk menunjang pertumbuhan tubuh Anda. Pasokan nutrisi tepat yang dibutuhkan untuk memberikan perkembangan yang baik untuk sistem dan fungsi tubuh. Namun, meskipun vitamin memberikan manfaat dan keuntungan untuk tubuh, jika dikonsumsi dengan cara berlebihan akan buruk untuk kesehatan.

Ada dua jenis vitamin – vitamin yang larut dalam lemak dan air. Vitamin yang larut daam lemak disimpan dalam jaringan lemak tubuh yang ebih mudah untuk disimpan daripada vitamin yang larut air. Sedangkan vitamin larut air tidak disimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama. Vitamin ini akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan diganti dengan vitamin larut lemak.

Loading...

Tidak ada vitamin tertentu yang dapat merugikan Anda, tapi banyak hal yang tidak baik untuk tubuh Anda jika dikonsumsi dengan cara berlebihan. Anda harus menjaga  jumlah asupan vitamin. Jika Anda mencoba dan memahami bagaimana tubuh Anda bekerja, Anda akan menyadari bahwa tubuh Anda hanya membutuhkan sejumlah kecil dari vitamin.

Ada beberapa jenis vitamin yang ketika dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi seluruh fungsi tubuh. Berikut adalah beberapa jenis vitamin yang dapat membahayakan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

1. Vitamin C

Vitamin  C diketahui sebagai saah satu jenis vitamin yang memberikan kekebalan untuk tubuh dan sistem tubuh Anda. Tetapi mengkonsumsi vitamin ini dalam jumlah besar dapat membahayakan Anda. Mual, diare, batu ginjal dan kram perut adalah masalah umum yang akan timbul saat Anda mmengkonsumsi terlalu banyak vitamin C. Ini juga berlaku jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak zinc.

2. Vitamin B

Ada sejumlah kandungan tertentu dari vitamin B yang dibutuhkan tubuh Anda. Meskipun vitamin ini diperlukan untuk menjaga kesehatan,  mengkonsumsi dengan cara berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Meskipun ini adalah vitamin yang larut air, terlalu banyak vitamin B dapat menyebabkan masalah saraf.

3. Vitamin A dan D

Ini adalah salah satu jenis vitamin yang larut lemak tetapi ketika dikonsumsi dengan dosis tinggi dapat berubah menjadi vitamin yang dapat membahayakan tubuh Anda. Tingginya kadar vitamin A dapat menyebabkan cacat lahir sedangkan untuk vitamin D akan menyebabkan masalah  yang tidak dapat ditoleransi pada tubuh.

4. Vitamin E dan K

Vitamin E dan vitamin K juga tergolong dalam vitamin larut lemak, yang ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi akan buruk bagi kesehatan Anda. Vitamin E yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan risiko perdarahan, sedangkan vitamin K, bila dikonsumsi dalam kadar tinggi dapat mengurangi atau membalikkan proses obat pengencer darah yang nantinya akan mencegah pembekuan darah normal.

5. Mneggabungkan Makanan dan Suplemen

Vitamin suplemen dan makanan yang mengandung banyak kandungan vitamin saat digabungkan ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu bahaya yang mungkin ditimbulkan yaitu penumpukan racun. Cara terbaik untuk memastikan bahwa hal ini tidak terjadi adalah untuk menjaga jumlah vitamin yang Anda konsumsi melalui suplemen ini.

**

Demikian beberapa jenis vitamin yang berbahaya bagi tubuh. Jika Anda ingin mengkonsumsi vitamin, sebaiknya dilakukan dengan dosis yang tepat. Jika memungkinkan, konsultasikan dengan dokter.