Loading...

5 Tips Jitu Mengatasi Rambut Bercabang

Penulis: Amanda Rubrik: Kecantikan, Wanita

rambut-bercabang

TERUSKAN.COM – Memiliki rambut yang sehat, terlihat berkilau dan lembut adalah impian setiap wanita. Sayangnya, hal tersebut tidaklah mudah didapatkan.

Terutama bagi wanita yang memiliki rambut panjang, ada saja masalah yang dapat terjadi pada rambutnya yang membuat proses memanjangkan rambut mejadi sulit.

Loading...

Salah satu masalah yang sangat sering dialami wanita berambut panjang adalah rambut bercabang. Seakan tak ada habisnya, hampir semua produk perawatan rambut di pasaran menawarkan salah satu fungsinya yaitu mencegah maupun mengatasi rambut bercabang.

Rambut bercabang yang dapat terlihat dari ujung rambut yang memiliki cabang baik satu maupun lebih, cenderung dialami mereka yang memiliki rambut dengan kondisi kering dan kusam.

Selain itu, cabang pada ujung rambut juga sering disebabkan oleh kelenjar minyak di bawah rambut yang tidak sampai hingga ke ujung rambut sehingga membuatnya kering dan rapuh.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah rambut bercabang? Berikut beberapa tips untuk Anda.

1. Memotong Ujung Rambut dengan Rutin

Ya, memotong ujung rambut atau yang sering dikenal dengan proses trimming memang merupakan salah satu cara untuk mengatasi rambut bercabang. Rambut bercabang yang diabaikan saja akan semakin menjalar ke atas dan membuatnya harus dipotong lebih panjang lagi.

Lakukan pemotongan rutin setidaknya 8 hingga 12 minggu sekali agar rambut terhindar dari masalah rambut bercabang yang lebih buruk.

2. Masker Rambut

Tidak hanya wajah yang patut dirawat dengan masker, namun rambut juga. Masker atau spa rambut sangat diperlukan bagi Anda yang ingin mengatasi rambut bercabang.

Cara ini dapat membuat rambut ternutrisi dengan baik dan membuatnya tidak mudah kering, sehingga dapat mencegah munculnya rambut bercabang. Lakukan perawatan masker atau spa rambut secara rutin setidaknya sebulan sekali.

3. Menghindari Pengering Rambut

Alat pengering rambut sering menjadi penyebab utama rambut yang bercabang. Hal ini karena mengeringkan rambut dengan alat tersebut dapat membuatnya lebih cepat kering dan rapuh.

Sebaiknnya keringkan rambut secara alami dengan menggunakan kipas angin atau diangin-anginkan saja. Cara ini lebih ampuh untuk tidak membuat rambut menjadi kering.

Usahakan saat mengeringkan rambut, sisir rambut perlahan dari ujung hingga pangkal rambut.

rambut-bercabang

4. Sisir Yang Tepat

Adakah hubungan antara sisir dan rambut bercabang? Ya. Sisir yang berkualitas buruk dengan bahan yang kasar serta gigi sisir yang tidak kokoh dapat membuat rambut mudah patah dan kusut.

Jika rambut Anda panjang, usahakan untuk menyisirnya dengan jenis sisi yang bergigi banyak dan memiliki bantalan di pangkal sisirnya. Hal ini berguna untuk membuat rambut lebih mudah disisir, tidak cepat kusut serta dapat merangsang aliran darah dalam kulit kepala sehingga rambut menjadi lebih sehat.

Hindari memilih sisir bermodel sisir sasak yang memiliki satu baris gigi sisir yang rapat karena dapat membuat rambut kusut dan rapuh.

5. Proses Keramas Yang Benar

Proses keramas yang benar dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan terhindar dari masalah rambut bercabang.

Sebelum keramas, usahakan untuk menyisir rambut Anda agar tidak terlalu kusut saat dikeramas. Saat keramas, pijat perlahan kulit kepala Anda agar minyak alami rambut dapat menyebar.

Setelah keramas, hindari menggosok rambut dengan handuk secara kasar. Sebaiknya balut rambut dengan handuk, tekan handuk hingga menyerap air dengan cepat ketimbang menggosoknya dengan keras.

***

5 tips sederhana di atas diharapkan dapat membantu Anda mengatasi rambut bercabang dan memiliki rambut sehat dan berkilau.