Loading...

Kenali 8 Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

TERUSKAN.COM – Penyakit diabetes dikenal cukup berbahaya dan dalam beberapa kasus tertentu, diabetes dapat menyebabkan kematian. Salah satu ciri seseorang yang terkena penyakit diabetes akut adalah luka yang sulit sembuh dan dapat membusuk.

Penyakit diabetes yang juga banyak terjadi di Indonesia ini dikenal sebagai penyakit gula atau kencing manis yang sebenarnya disebabkan oleh kelainan dalam proses metabolisme tubuh.

Loading...

Pada dasarnya, penyakit diabetes muncul akibat glukosa dalam darah yang terlampau tinggi. Karena sebagian besar kasus dibetes terlambat diketahui, berikut adalah beberapa gejala dan ciri-ciri awal diabetes yang patut diketahui sehingga mencegah diabetes menjadi semakin parah,

1. Luka Yang Lama Pulih

Salah satu gejala yang sering terjadi pada penderita diabetes adalah luka pada tubuh yang cukup lama untuk pulih. Luka pada badan yang terjadi karna terjatuh dan sebagainya biasanya memerlukan waktu untuk mengering dan sembuh.

Namun jika waktu yang diperlukan dirasa lebih lama dari keadaan normal, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu gejala diabetes.

2. Sering Haus

Sering sekali haus atau merasa dehidrasi secara terus menerus dapat menjadi tanda awal diabetes.

Hal ini dikarenakan badan yang kehilangan banyak air melalui buang air kecil atau besar secara terus menerus sehingga diperlukan pasokan cairan yang cukup banyak.

3. Mudah Lelah

Rasa lelah dan capek mungkin adalah hal biasa terlebih jika Anda telah melakukan aktivitas yang cukup berat.

Namunn bila rasa lelah sering sekali dirasakan padahal Anda tidak melakukan aktivitas yang menguras banyak energi, hal tersebut dapat menjadi gejala awal diabetes.

Ciri-Ciri Penyakit Diabetes

4. Cepat Lapar

Mudah dan cepat lapar dapat menjadi salah satu gejala diabetes. Hal ini dipicu oleh kandungan insulin dalam badan.

5. Berkurangnya Fungsi Saraf

Tanda-tanda lain diabetes adalah berkurangnya fungsi saraf yang menjadi penyebab rasa sakit pada tungkai kaki dan seringnya meras kesemutan.

Salah satu cara termudah untuk mengetahuinya adalah menusukkan jarum pada kaki, apabila tidak terasa sakit, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter karena hal tersebut merupakan salah satu gejala diabetes.

6. Pandangan Yang Semakin Lemah

Meningkatnya glukosa dalam darah juga dapat menjadi penyebab peningkatan glukosa sekitar lensa mata dan menyebabkan daya penglihatan yang memburuk.

Jika Anda merasa pandangan Anda melemah, baik kabur maupun gangguan lainnya, segera konsultasikan dengan dokter.

7. Berat Badan Yang Turun Drastis

Ciri lain penyakit diabetes adalah berat badan yang turun tiba-tiba padahal tidak diimbangi dengan diet atau pengurangan asupan makanan apapun.

Penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa diketahui pemicu sebenarnya, dapat dipicu oleh glukosa dalam tubuh yang tidak berjalan normal.

8. Warna Kulit yang Menjadi Gelap

Ciri lainnya yang patut diperhatikan adalah warna kulit yang menjadi lebih gelap. Hal ini biasanya ditandai dengan timbulnya bintik-bintik pada bagian kulit yaitu di sekitar leher dan tempat lainnya.

Penggelapan warna pada kulit ini dipicu oleh insulin yang menyebabkan bertambahnya pigmen sehingga warna kulit menjadi semakin gelap.

***

Itulah beberapa ciri dan gejala penyakit diabetes yang sebaiknya segera diketahui untuk mencegah memburuknya diabetes. Jangan lupa utuk menjaga kesehatan dengan cara mengatur pola makan sehat serta berolahraga dengan teratur.

Semoga bermanfaat.