Loading...

5 Penyebab Hidup Tidak Bahagia

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

TERUSKAN.COM – Tak sedikit orang yang menjalani kehidupannya dengan perasaan tidak bahagia dan tidak puas. Tak jarang pula hal itu baru disadari setelah cukup lama. Kebahagian bagi setiap orang memang cukup variatif. Hal tersebut tidak selalu dapat diukur dengan kekayaan dan segi materi saja.

Tak jarang kan orang merasa tidak bahagia walaupun berlimpah harta? Untuk memperoleh kebahagian yang ideal tersebut tak jarang orang melakukan berbagai hal, baik dari yang mudah hingga sulit dan menantang.

Tentu Anda harus bekerja keras untuk mencapai hal yang diinginkan. Oleh sebab itu, jika Anda cenderung bermalas-malasan dan menginginkan segala sesuatu dengan mudah, maka jangan heran jika Anda tidak puas dengan apa yang Anda capai saat ini.

Loading...

5 Penyebab Hidup Tidak Bahagia

Beberapa alasan tentang penyebab hidup tidak bahagia di bawah ini mungkin merupakan sebab Anda tidak memiliki kehidupan yang berjalan seperti yang Anda inginkan.

1. Anda Melihat Apa Yang Salah, Bukan Yang Benar

Tahukah Anda orang yang sinis dan pesimis? Ya, orang-orang ini hampir selalu melihat sisi yang salah dari suatu hal, tanpa memandang sisi lain yang mungkin saja menyimpan kebenaran dan positif.

Mungkin Anda termasuk orang-orang yang bersikap seperti ini? Memang ada kalanya seseorang memandang negatif suatu hal karena keadaan. Namun jika hal tersebut terus-menerus dilakukan, jangan heran jika Anda merasa tidak bahagia.

Berhentilah menjadi pesimis dan mulailah optimis, yaitu berpikiran positif dan terus percaya akan kesusksesan yang dapat diraih dengan usaha keras.

2. Anda Tidak Memiliki Target

Orang bijak mengatakan bahwa semua orang berhak memiliki mimpi dan tujuan dalam hidup, untuk terus mampu hidup. Hal tersebut tentu ada benarnya. Jika Anda tidak memiliki target atau tujuan dalam hidup, maka Anda tidak akan menjalani kehidupan dengan semangat tinggi dan lebih memilih untuk sekedar menunggu.

Tentu tak ada salahnya untuk menyukuri kehidupan yang telah Anda miliki. Akan tetapi cobalah untuk memulai memasang target atau gol dalam hidup Anda, sesuai dengan yang Anda inginkan.

Target dapat memberikan motivasi yang sangat besar dalam hidup Anda.

3. Anda Dikelilingi Orang Yang Salah

Pernahkan Anda menganalisa orang-orang di sekitar Anda? Terkadang lingkungan sosial juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kehidupan Anda. Jika orang-orang di sekitar Anda lebih banyak bicara daripada berkarya misalnya, atau selalu membicarakan hal-hal yang negatif, maka sebaiknya Anda memulai untuk bergaul dengan orang-orang yang lebih positif.

Tentu tak ada salahnya untuk tetap mempertahankan kehidupan sosial Anda saat ini. Namun memperluas pergaulan untuk hal yang lebih baik tak ada salahnya kan?

4. Anda Mudah Mengeluh

Ya, orang-orang yang selalu dengan mudahnya mengeluh biasanya tidak akan merasa bahagia karena hal sekecil apapun dilihatnya sebagai sesuatu yang salah dan merugikan dia.

Berhentilah untuk selalu mengeluh dan sebaiknya meakukan hal-hal yang lebih positif daripada hanya berkeluh kesah tanpa berbuat apa-apa.

5. Anda Terlalu Perfeksionis

Sifat yang satu tak jarang dimiliki seseorang dan membuat dirinya tak bahagia. Mengapa? Di dunia ini tidak ada yang sempurna, baik dari segi apapun.

Maka itu seseorang yang terlalu perfeksionis biasanya akan lebih mudah ‘jatuh’ dan kecewa akan hal kecil yang sebenarnya tidak perlu diambil hati.

Sifat perfeksionis yang berlebihan sebenarnya justru akan membuat Anda lelah dan terlalu terfokus akan suatu hal padahal masih banyak hal lain yang sebenarnya justru lebih penting.

***

Analisa lagi kehidupan Anda apabila beberapa poin di atas ada dalam hidup Anda. Mulailah dengan berhenti melakukan hal-hal kecil di atas dan semoga hidup Anda menjadi lebih bahagia.