Loading...

Galau Memilih Pasangan Hidup, Yuk Intip Tips Berikut

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Keluarga, Wanita

Memilih Pasangan Hidup

TERUSKAN.COM –  Semua orang mendambakan pasangan sehiduo semati. Seyogianya, tidak ada manusia yang mampu bahagia dan bertahan dalam kesendirian. Mereka membutuhkan teman yang selalu ada menemani dalam mengarungi setiap suka duka kehidupan.

Meskipun sangat mendamba, tak sedikit yang galau dan ragu karena takut salah dalam memilih pasangan hidup.

Loading...

Memang dalam membangun hubungan itu tidak mudah. Itulah mengapa tugas utama seseorang dimulai sejak dalam menentukan siapa yang akan menjadi pasangannya. Cermat dalam memilih pasangan adalah sebuah keharusan karena hubungan tidak hanya terkait dua orang tapi juga berimbas pada anak nantinya.

Lagipula menikah itu sesuatu yang sakral, dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan dan diniatkan sekali seumur hidup. Kesalahan dalam memilih pasangan bisa berakibat fatal dan membuat hidup jauh lebih buruk.

Bagi Anda yang masih galau, bisa mengikuti beberapa tips memilih pasangan hidup di bawah ini :

Berpikir jauh ke depan

Jika Anda sudah ingin menikah maka pilihlah orang yang sudah memang sudah memiliki rencana untuk menikah bukan orang yang membina hubungan dengan tujuan yang tidak jelas.

Jangan membuang waktu, pikiran, energi bahkan uang Anda untuk seseorang yang hanya ingin main-main atau bersenang-senang. Setiap orang membutuhkan pasangan yang berkomitmen untuk hubungan yang serius.

Kesungguhan dalam tanggungjawab

Ada orang yang ingin menikah tapi tidak pernah memikirkan tanggungjawabnya nanti setelah menikah. Mereka menikah hanya karena tuntutan orang tua, malu dengan sahabat, ingin dianggap normal, melengkapi status soial dan sebagainya. Hanya sekedar itu.

Sementara tentang hakikat pernikahan, hak dan tanggungjawab sebagai suami/isteri tidak pernah tertanam dalam jiwanya. Tidak ada keinginan dan rencana untuk membentuk rumah tangga yang sesungguhnya.

Memiliki naluri kebapakan/keibuan

Salah satu tujuan pernikahan adalah mendapatkan dan melestarikan keturunan. Oleh karena itu, temukanlah orang yang membuat Anda yakin kalau dia memang akan bisa dan mau berusaha menjadi ayah/ibu yang baik untuk anak-anak kelak.

Seseorang yang penyayang, memiliki ketulusan dan niat sungguh-sungguh untuk menjadi suami/isteri yang baik kelak.

Akhlak dan kepribadian yang baik

Sebagai teman hidup, suami isteri akan selalu bersama. Tak heran, kepribadian yang satu akan memperngaruhi pribadi yang lain.

Orang yang sopan, optimis, semangat, berpikir positif, beretika, menghargai dan lain sebagainya tidak hanya akan memberikan pengaruh baik untuk pasangannya tapi juga akan menentukan keberlangsungan rumah tangga.

Prinsip, visi dan misi hidup yang sejalan

Kebanyakan orang berpatokan pada hal-hal yang tampak seperti kesamaan hobi, makanan, cita-cita dan sebagainya. Memang bersama tidak harus sama. Akan tetapi, ketika Anda bisa bersama dengan orang yang memiliki prinsip, visi dan misi hidup yang sejalan dengan Anda itu jauh lebih baik.

Kenyamanan dan ketentraman akan lebih mudah tercipta. Kesalahpahaman dan pertengkaran juga bisa diminimalisir. Tak hanya itu, Anda akan lebih mudah merumuskan segala sesuatu karena perbedaan itu tidak terlalu kentara.

**

Banyak pertimbangan dalam memilih pasangan hidup tapi bagi Anda yang ingin memiliki the best and true relationship. Beberapa tips di atas mungkin akan sangat membantu karena pada prinsipnya rumah tangga yang langgeng itu dibangun atas nilai-nilai yang baik, bukan persoalan lahiriah semata.