Loading...

9 Khasiat Minum Beras Kencur

Penulis: Amanda Rubrik: Kecantikan, Kesehatan

beras-kencur

TERUSKAN.COM – Tahu minuman beras kencur bukan? Ya, salah satu minuman traditional yang dibuat dari berbagai bahan alami seperti beras, kencur serta gula jawa ini merupakan salah satu resep tradisional yang digemari karena beragam khasiatnya bagi kesehatan.

Minuman yang rasanya cukup enak dan tidak pahit seperti sebagian besar jenis jamu lainnya ini sering dikonsumsi untuk menambah energi dan membuat badan terasa lebih segar.

Loading...

Selain membuat badan lebih bugar, beras kencur ternyata meyimpan berbagai khasiat lainnya seperti untuk urusan kecantikan dan melangsingkan tubuh.

Berikut adalah beberapa khasiat meminum beras kencur.

1. Mengobati Sakit Maag

Bagi beberapa orang yang memiliki penyakit asam lambung atau sakit maag, patut mempertimbangkan untuk mengonsumsi beras kencur sebagai salah satu obatnya.

Beras kencur dipercaya dapat mengobati dan mencegah sakit maag karena nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membentuk lapisan dalam lambung.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh, kekebalan atau imunitas tubuh sangat diperlukan untuk menghindari tubuh dari virus serta bakteri yang menjadi salah satu sumber penyakit.

Beras kencur merupakan salah satu minuman tradisional yang dapat mencegah Anda mudah sakit karena dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, beras kencur juga telah dibutikan khasiatnya dalam membuat tubuh menjadi lebih bugar dan segar. Minumlah beras kencur secara rutin terutama pada musim peralihan (pancaroba) yang sering membuat sakit.

3. Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat lain beras kencur adalah khasiatnya yang dapat memperlancar buang air besar atau sembelit. Selain itu, beras kencur juga dapat membantu mengatasi sakit perut karena rasa hangat yang ditimbulkan seperti halnya tanaman jahe.

4. Mengatasi Sariawan

Sariawan yang membandel memang sangat tidak menyenangkan. Anda dapat memanfaatkan beras kencur untuk mengatasinya dengan cara mengoleskan ramuan  beras kencur pada sariawan untuk mengurasi rasa sakit serta mengobatinya.

5. Mengobati Rasa Sakit Pada Tenggorokan

Tenggorokan yang terasa sakit, gatal maupun tidak nyaman dapat diobati dengan meminum beras kencur. Hal ini pula yang menyebabkan beberapa orang percaya dengan meminum beras kencur, maka suaranya akan semakin baik karena lendir-lendir pada tenggorokan dapat berkurang.

6. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin yang sebenarnya adalah reaksi tubuh yang lelah seperti meriang, pusing, mual serta demam ringan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi minuman beras kencur.

7. Membantu Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Jika Anda sering merasa migrain atau sakit kepala sebelah, sebaiknya Anda meminum beras kencur karena beras kencur dapat mengatasi rasa sakit tersebut.

8. Menghilangkan Jerawat

Jika Anda pernah menemukan obat anti jerawat yang berbahan beras kencur, maka jangan heran jika meminum beras kencur juga dapat membantu menghilangkan jerawat dari dalam.

Selain itu, untuk urusan kecantikan, beras kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai lulur tubuh maupun minuman yang dapat membuat kulit wajah halus dan bercahaya.

9. Membantu Melangsingkan Tubuh

Dapatkah beras kencur membantu melangsingkan tubuh? Ya. Beras kencur dipercaya dapat melangsingkan tubuh karena khasiatnya yang dapat membakar lemak sekaligus mengontrol nafsu makan.

Tak salah jika Anda menambahkan minuman beras kencur dalam menu diet Anda, asalkan disesuaikan kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

***

Itulah 9 khasiat meminum beras kencur untuk kesehatan dan kecantikan. Jamu beras kencur termasuk salah satu kekayaan tradisional Indonesia yang mulai dilupakan. Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat bahan alami, mulailah meminum ramuan tradisional Indonesia yang penuh dengan manfaat.

Selamat mencoba.