Loading...

5 Manfaat Berwisata Seorang Diri

Penulis: Amanda Rubrik: Wisata

wisata seorang diri

TERUSKAN.COM – Pernahkan terpikirkan bagi Anda untuk berwisata seorang diri? Melakukan perjalanan wisata seorang diri yang juga dikenal sebagai solo traveller ternyata tidak seburuk yang Anda kira.

Kebanyakan orang menyukai berwisata berdua atau lebih, bahkan dalam satu grup tur karena beberapa pertimbangan seperti keamanan, kemudahan hingga anggaran atau biaya perjalanan yang mungkin akan lebih murah jika ditanggung dua orang atau lebih.

Loading...

Padahal, sebenarnya berwisata seorang diri tidaklah selalu membuat sepi atau khawatir. Bahkan, dalam beberapa jurnal psikologis, sering disarankan setidaknya sekali seumur hidup Anda merasakan sensasi melakukan perjalanan seorang diri.

Destinasi yang dipilih tentu tidaklah harus di luar negeri, namun disarankan untuk memilih destinasi yang setidaknya memiliki budaya, latar belakang serta atraksi yang berbeda dari tempat tinggal Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat dan alasan mengapa berwisata seorang diri itu menyenangkan.

1. Melatih Keberanian dan Ketanggapan

Berwisata tentu memiliki berbagai hal yang perlu disiapkan sebelumnya, yang tidak selalu berjalan mulus. Begitu pula saat kegiatan wisata telah dilakukan, belum tentu semuanya berjalan seperti yang diinginkan.

Di saat inilah Anda dituntut untuk lebih kreatif serta tanggap dalam mempersiapkan perjalanan serta mencegah dan mengatasi masalah yang muncul.

Dengan berwisata seorang diri, Anda dapat mengingat serta mengalami sendiri semua urusan perjalanan dari membeli tiket, memilih tujuan serta tempat tinggal, hingga ke detil lainnya.

2. Berkenalan Dengan Orang Baru

Jika Anda pernah berwisata ke luar negeri, tentu tidak lengkap jika Anda tidak menjalin satu hubungan apapun dengan warga lokal, baik mengobrol hingga menjalin pertemanan.

Seseorang yang lebih sering berwisata dalam rombongan cenderung tidak memilii akses untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan warga lokal setempat, karena sebagian besar waktu dihabiskan bersama dengan anggota rombongannya.

Jika Anda berwisata sendiri, Anda memiliki kesempatan untuk memulai percakapan dengan warga lokal setempat lewat berbagai cara seperti menghadiri konser maupun acara tertentu, mengikuti tur lokal bersama dengan warga asli kota atau negara tersebut, serta memilih untuk berwisata di lokasi yang tidak selalu turistik.

3. Bebas Memilih

Berwisata dengan dua orang atau lebih sering menyebabkan masalah kecil yang seringkali berhubungan dengan pilihan yang tidak sama di antaranya, sehingga menimbulkan perdebatan.

Jika Anda berwisata sendiri, Anda tentu bebas memilih apapun dari lokasi, tempat menginap, makanan, atraksi dan pilihan lainnya yang dapat Anda tentukan.

Bebas memilih adalah salah satu sensasi dari berwisata sendiri karena dapat mengalami semuanya sendiri dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

4. Inspirasi

Kebanyakan orang memutuskan untuk berwisata sendiri karena alasan untuk menikmati perjalanan dan mengambil manfaatnya untuk diri sendiri. Ada yang melakukannya untuk menghibur diri sendiri, sebagai reward atau hadiah untuk sebuah pencapaian serta untuk mendapatkan inspirasi.

Semua alasan tersebut hanyalah sebagian kecil dari berbagai alasan kenapa kegiatan solo traveller sangat diminati.

5. Kebanggaan

Tidak semua orang mampu dan berani berwisata seorang diri karena berbagai alasan. Oleh sebab itu, jika Anda berani melakukannya, maka hal tersebut dapat menjadi sebuah kebanggaan yang patut selalu dikenang.

***

Itulah manfaat berwisata sendiri. Jadi tunggu apalagi? Rencanaan perjalanan Anda dan jadilah solo traveller!