Loading...

Kenali 5 Hal Utama Penyebab Kanker

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

paparan sinar matahari

TERUSKAN.COM – Kanker, satu kata itu saja sudah cukup untuk menimbulkan rasa takut di dalam hati kita, seakan-akan memiliki kemampuan untuk merusak tubuh manusia dan menghancurkan kehidupan dengan cara yang paling tidak manusiawi dan pastinya menyakitkan. Senjata untuk melawan kanker sama-sama merusak dan menakutkan.

Namun apa itu kanker? Kanker merupakan suatu keadaan saat tubuh menggunakan mekanisme sendiri terhadap dirinya sendiri. Sederhananya, sel-sel kita membagi untuk memastikan bahwa tubuh kita tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri.

Loading...

Namun, dalam kasus kanker, sel-sel kita pertama bermutasi dengan cara yang berbahaya, dan kemudian sel-sel tersebut bukannya menghilang dan mati, tetapi menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dengan membagi diri dengan kecepatan yang luar biasa.

Sayangnya, statistik menunjukkan bahwa penderita kanker terus meningkat. Saat ini, kebanyakan dari kita secara pribadi tahu paling tidak satu atau dua orang yang pernah atau sedang terserang penyakit ini.

Sementara para ahli terus melakukan penelitian tentang sifat dan asal-usul kanker, ada baiknya bila Anda mengetahui beberapa penyebab utama kanker, berikut ini:

Usia

Penuaan, usia yang semakin menua adalah salah satu penyebab umum dari kanker. Orang tua memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terserang kanker, pada kenyataannya, 75 persen kasus kanker baru yang didiagnosis, diderita oleh mereka yang berusia di atas 60 tahun.

Suatu teori mengatakan bahwa semakin tua usia tubuh kita, maka tubuh akan kehilangan kemampuan untuk melawan kanker pada tingkat sel.

Gen

Beberapa jenis kanker payudara adalah genetik, dan kanker ini bisa dikatakan menjadi salah satu tipe kanker yang paling banyak diderita kaum perempuan.

Jika keluarga dekat perempuan Anda, memiliki catatan kesehatan dengan penyakit ini, maka sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Tembakau

Mereka yang telah kecanduan tembakau selalu mencari-cari alasan untuk membela kebiasaan mereka dengan mengatakan bahwa pada akhirnya mereka yang tidak merokok juga dapat terserang kanker paru-paru. Padahal, fakta telah menunjukkan bahwa satu dari empat kematian akibat kanker disebabkan oleh rokok.

Kebiasaan ini tentu dapat menjadi penyebab utama kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, dan kerongkongan. Dan sejumlah besar orang meninggal akibat kanker yang disebabkan oleh merokok pasif.

Karsinogen

Tembakau merupakan karsinogen terkemuka, tetapi ada pula penyebab lain. Agen penyebab kanker ini bekerja dengan mengubah struktur sel atau genom.

Racun kimia seperti dioxin, dan benzena, dikenal sebagai karsinogen. Ini adalah bebrapa zat yang sering kita dapatkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa virus seperti Human Papilloma Virus juga menjadi penyebab kanker serviks.

Paparan sinar matahari

Radiasi UV dalam sinar matahari merupakan salah satu penyebab umum dari kanker. Ketika Anda tidak cukup menutupi atau menggunakan krim pelindung matahari, maka kemungkinan Anda terserang kanker kulit akan semakin besar. Bahkan ketika Anda menggunakan pelindung, hal itu belum bisa menjamin bahwa Anda akan terhindari dari jenis kanker ini.

Jadi, setiap Anda akan keluar rumah atau berencana menghabiskan waktu di luar ruangan dalam waktu yang lama, pastikan untuk melindungi diri dengan krim tabir surya dan pakaian yang lebih tertutup.

**

Kanker juga disebabkan oleh pola diet dan faktor gaya hidup. Mengingat kata pepatah lama, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, mulai saat ini terapkanlah gaya hidup sehat, olahraga teratur serta konsumsi buah dan sayuran sebanyak-banyaknya.