Loading...

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Daun Pepaya

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

daun pepaya

TERUSKAN.COM – Pepaya adalah tanaman yang berasal dari Meksiko. Buah yang memiliki nama latin Carica papaya ini memiliki banyak manfaat.

Selain dapat dimakan karena rasa buahnya yang manis, buah pepaya yang masih muda juga biasanya ditumis dan menjadi masakan yang lezat. Begitu juga dengan daun pepaya yang kerap kali dijadikan sebagai lalapan atau sebagai alternatif obat tradisional.

Loading...

Nah, tahukah anda bahwa daun pepaya ni tidak hanya sekedar dijadikan sebagai obat tradisional saja namun juga dapat mengatasi berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun pepaya yaitu malnutrisi pada bayi, nyeri haid dan cacingan.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan tubuh, yakni

  • Vitamin A,
  • Vitamin B1,
  • vitamin C,
  • kalori,
  • protein,
  • lemak,
  • hidrat arang,
  • kalsium,
  • fosfor,
  • besi dan air.

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya memang dikenal memiliki rasa yang pahit, namun di balik rasa pahit tersebut, ada banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang terkandung di dalam daun pepaya, antara lain :

1. Memperlancar ASI (Air Susu Ibu)

Daun pepaya muda mampu membantu memperlancar ASI (Air Susu Ibu).

Caranya cukup mudah yaitu dengan meremas daun pepaya muda lalu letakkan di atas api sampai layu. Setelah itu, tempelkan di sekeliling payudara (kecuali puting) dalam keadaan hangat.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Senyawa karpain yang terkandung di dalam daun pepaya mampu membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

3. Obat jerawat

Daun pepaya dapat mengatasi jerawat dengan cara dibuat masker.

Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan mengambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua, lalu dijemur hingga layu dan haluskan kemudian campurkan dengan 30 cc air. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit.

daun pepaya

4. Mengobati demam berdarah

Daun pepaya juga diklaim mampu mengobati penyakit demam berdarah.

Anda hanya perlu memilih daun pepaya muda sebanyak lima lembar lalu rebuslah dengan air setengah liter, diamkan sampai air tersisa seperempat. Tambahkan sedikit garam dan dua sendok makan madu. Minumlah selagi masih hangat. Lakukan cara ini secara rutin, sebanyak 3x sehari.

5. Menambah nafsu makan

Daun pepaya yang masih segar dicampurkan dengan sedikit garam dan air hangat 200 cc. Lalu haluskanlah dengan blender. Lalu saring dan tambahkan 2 sendok makan madu dan diaduk.

Minum ramuan ini secara rutin untuk menambah nafsu makan anda.

6. Anti kanker

Meskipun belum pasti, beberapa penelitian mengatakan bahwa daun pepaya mampu menjadi anti kanker. Daun pepaya mengandung Milki Latex yaitu getah putih seperti susu yang dapat berperan dalam mencegah kanker.

7. Mengatasi nyeri haid

Bagi wanita yang datang bulan atau haid, maka anda bisa membuat minuman dari daun pepaya untuk mengatasi nyeri.

Caranya sederhana, yaitu dengan menyiapkan selembar daun pepaya muda, garam dan asam jawa. Kemudian rebus bahan-bahan dengan air 250 cc. Jika sudah mendidih, tambahkan 2 sendok makan madu. Diamkan sampai dingin dan minumlah.

**

Itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam daun pepaya. Jadi mulai sekarang anda pun sudah bisa mengonsumsi daun pepaya secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Semoga bermanfaat.