Loading...

6 Tips Kerja Lembur Agar Stamina Tak Kendur

Penulis: M. Bachrur Rozaqi Rubrik: Dunia Karir, Kesehatan

Tips kerja lembur

TERUSKAN.COM – Tuntutan pekerjaan yang banyak serta deadline yang mepet menuntut kita untuk melakukan kerja tambahan, atau lebih dikenal dengan sebutan kerja lembur. Tak hanya bagi pekerja professional, pekerja lepas (freelance) ataupun seorang pelajar sering kali dihadapkan untuk melakukan kerja lembur untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Seorang yang sering lembur tentu saja akan lebih sering untuk begadang. Tidak bisa dipungkiri, seseorang yang keseringan begadang tentu saja akan berdampak buruk terhadap kesehatannya, untuk masa ini maupun dalam masa mendatang.

Loading...

Oleh sebab itu, bagi anda yang sering begadang melakukan kerja lembur perlu menjaga kondisi anda sehingga kesehatan anda tetap terjaga serta produktifitas anda tetap maksimal.

Berikut beberapa tips kerja lembur yang dapat membantu anda tetap dalam kondisi fit dan siap untuk bekerja lagi.

Siapkan air putih dan madu

Kerja lembur akan menguras energi lebih banyak apalagi kalau dilakukan pada malam hari. Stamina yang sudah terkuras untuk kerja regular ditambah kerja tambahan membuat kesehatan anda rawan untuk terserang penyakit.

Maka sebelum anda mulai untuk kerja lembur, siapkan lah air putih dan madu. Tak dipungkiri lagi khasiat madu sangat bagus bagi badan kita. Terutama dalam hal menjaga stamina tubuh.

Hindari kopi dan rokok

Mungkin banyak di antara anda yang berperang kerja lembur dengan membawa amunisi secangkir kopi. Maksudnya adalah dengan kopi ini badan anda akan terjaga agar tidak mudah terserang rasa kantuk.

Namun alangkah baiknya hilangkanlah presepsi seperti itu. Karena kopi mengandung zat kafein yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang relative banyak akan mengakibatkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Jantung akan bekerja kurang optimal jika mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Solusinya adalah anda ganti kopi tersebut dengan air putih dan madu atau bisa juga dengan mengonsumsi wedang jahe yang lebih bersahabat bagi kesehatan anda.

Tips kerja lembur

Perhatikan asupan makanan dan minuman

Kerja lembur akan membuat anda mudah merasa lelah dan di saat seperti itu badan akan terasa tidak enak untuk makan. Padahal asupan makanan yang cukup sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga stamina anda saat kerja lembur.

Hindarilah makanan yang manis dan berkarbohidrat tinggi, pilihlah makanan seperti telur, biji-bijian, buah, sereal, biskuit ataupun sari pati ayam.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan memberikan saripati ayam terhadap 20 responden, ditunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi saripati ayam melaporkan peningkatan keaktifan dan penurunan keluhan nyeri kepala saat kerja lembur.

Disimpulkan bahwa konsumsi rutin saripati ayam dapat memberikan pengaruh potensial terhadap metabolisme pengatur stres dan nyeri dalam tubuh.

Sisipkan istirahat dan olahraga sejenak

Ini sangat bermanfaat bagi anda yang kerja lembur dengan berhadapan layar komputer. Menatap layar dengan intensitas yang lama akan merusak kesehatan mata anda. Selain itu duduk yang lama akan membuat punggung anda sakit serta peredaran darah terganggu.

Sisipilah waktu kerja lembur anda dengan istirahat sebentar dan melakukan olahraga ringan seperti peregangan tangan, menggerakkan tubuh serta kepala. Ini akan membuat peredaran darah anda kembali lancar serta anda tidak akan mudah terasa lelah.

Ganti hutang waktu tidur anda dengan tidur siang

Tidur siang selama 30 menit di keesokan harinya akan membantu tubuh anda untuk memulihkan tenaga yang terkuras karena kerja lembur di malam hari. Waktu yang ideal untuk mengganti waktu tidur adalah ketika jam 1 siang sampai jam 3 sore.

Jangan mandi di pagi hari

Ibarat mesin motor yang habis digunakan touring jauh, kondisi tubuh kita setelah kerja lembur akan mengalamin kenaikan suhu. Bisa anda bayangkan jika tubuh dalam kondisi panas tersiram air dingin.

Usahakan untuk mengistirahatkan badan anda kurang lebih 1 jam agar kondisi badan anda kembali stabil.

**

Demikian beberapa tips yang dapat membantu anda menghadapi kerja lembur. Jangan sampai dengan kerja lembur, produktivitas anda terganggu dan kesehatan anda menurun.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.