Loading...

5 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Fast Food

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

mengatasi kecanduan fast food

TERUSKAN.COM – Beberapa jenis fast food atau makanan cepat seperti burger, kentang goreng, pizza dan yang lain sebagainya memang digemari banyak orang karena selain rasanya yang lezat, makanan tersebut sangat cepat untuk didapatkan.

Beberapa alasan orang menyukai makanan cepat saji adalah karena keterbatasan waktu yang dimiliki sehingga menginginkan makanan yang cepat didapat tanpa menunggu lama, rasanya yang digemari, harga yang terkadang lebih terjangkau, hingga berbagai promosi menarik yang ditawarkan.

Loading...

Di balik rasa enak dan praktisnya, ternyata makanan cepat saji juga memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan karena lemak yang tinggi yang terkandung di dalamnya.

Di beberapa negara, makanan cepat saji juga disebut sebagai salah satu penyebab obesitas terbesar yang tidak memandang bulu, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Jika Anda sebenarnya ingin menghentikan kebiasaan makan makanan cepat saji, berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Biasakan Makan di Rumah

Salah satu penyebab seseorang membeli makanan cepat saji adalah karena sedang berada di luar rumah saat lapar sehingga memilih untuk membeli makanan di restoran cepat saji.

Oleh sebab itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan tersebut adalah dengan membiasakan diri makan di rumah sebelum berpergian. Masakan rumah juga dipercaya jauh lebih baik daripada makanan cepat saji karena bahan-bahan yang digunakan lebih terjamin.

2. Menggali Info Dampak Buruk Makanan Cepat Saji

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggangi informasi tentang dampak buruk dari makanan cepat saji. Baik dampak bagi kesehatan dan yang lainnya, usahakan untuk mendapatkan informasi detil dan jelas mengapa makanan cepat saji patut dihindari.

Cara ini dapat membuat Anda lebih mempertimbangkan untuk meneruskan mengonsumsi makanan cepat saji dan siapa tahu Anda justru membenci makanan cepat saji dan memilih untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

3. Resep Praktis nan Lezat

Salah satu alasa orang mengonsumsi makanan cepat saji adalah karena praktis dan tidak membutuhkan waktu banyak untuk memesan dan memakannya. Sayangnya, dampak buruk bagi kesehatan patut dipertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan memakan makanan cepat saji.

Cobalah untuk belajar memasak masakan praktis yang juga lezat. Saat ini  banyak terdapat resep makanan yang praktis yang dapat dibuat dengan bahan-bahan sederhana dan waktu yang cukup singkat.

Cara ini dapat membuat Anda memiliki alternatif makanan sehat selalin mengonsumsi makanan cepat saji.

4. Kudapan Sehat

Tidak hanya sebagai makanan utama, makanan cepat saji juga sering dikonsumsi sebagai kudapan atau camilan di waktu senggang.

Mengapa Anda tidak memulai untuk memakan kudapan yang sehat dan juga praktis? Buah-buahan, salad, coklat hitam, jus buah serta jenis kudapan sehat lainnya juga tak kalah lezat daripada makanan cepat saji.

Sediakan selalu kudapan sehat di dekat Anda, baik saat Anda berada di rumah maupun di tempat kerja.

5. Rajin Berolahraga

Olahraga dengan rutin adalah salah satu cara terbaik untuk menyeimbangkan asupan makanan yang tidak sehat agar dampak buruknya dapat dihindari.

Selain itu, dengan berolahraga secara teratur, perlahan Anda diharapkan mulai berpikir dua kali sebelum mengonsumsi makanan cepat saji yang dapat membuat olahraga Anda sia-sia.

***

Menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji memang tidaklah mudah, namun dengan niat dan beberapa usaha di atas, diharapkan Anda segera mengganti pola makan Anda menjadi lebih sehat.

Bagaimanapun juga, kesehatan merupakan aset yang sangat penting untuk terus beraktivitas dan menjaga produktivitas.

Semoga bermanfaat.