Loading...

Memilih Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

Penulis: Nila Rubrik: Desain

Memilih rumput taman

TERUSKAN.COM – Membuat taman di pekarangan rumah tidaklah selalu harus dari tanaman yang berbunga saja, ada ruang kecil di antara tanaman utama berupa lahan kosong yang bisa anda manfaatkan sebagai taman rumah.

Salah satu cara mudah untuk menjadikan tanah yang terbuka menjadi sebuah taman mini adalah dengan menutupinya memakai rumput hias. Dengan rumput, tanah menjadi terlindungi sekaligus membuat tampilan taman di pekarangan rumah anda menjadi semakin indah, menarik dan bisa dipakai sebagai area bermain anak – anak dan hewan kesayangan mereka.

Loading...

Ada beberapa jenis rumput hias yang cocok untuk taman rumah, di antaranya adalah:

1). Rumput gajah mini

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang sangat populer di antara para penggemar tanaman hias. Perawatan rumput ini sangat mudah, dapat tumbuh subur dengan penyinaran sinar matahari sebanyak 50 %. Untuk pemotongan, dapat dilakukan 1 atau 2 kali sehingga bisa efektif waktu.

2). Rumput gajah mini varigata

Jenis rumput ini memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan rumput gajah mini. Perbedaannya hanya terletak pada warna daun, rumput gajah mini varigata memiliki campuran warna putih pada tepi daunnya sehingga lebih cantik untuk anda pilih sebagai penutup tanah kosong di halaman rumah.

rumput untuk taman

3). Rumput gajah biasa

Rumput ini merupakan jenis rumput taman yang paling murah. Penampilannya kurang begitu bagus karena memiliki ukuran daun yang besar dan menyerupai rumput liar. Namun apabila anda rutin melakukan pemotongan selama 1 minggu sekali, penampilan rumput ini akan menjadi bagus dan terawat.

Kelebihan rumput gajah biasa adalah tahan terhadap kekurangan air. Jadi kalau tidak sempat menyiram, tidak usah khawatir rumputnya akan layu dan mati.

4). Rumput Swiss atau Rumput Jepang

Rumput Swiss, yang lebih populer dengan nama rumput Jepang, merupakan salah satu jenis rumput terbaik dari sisi penampilan. Untuk mendapatkan rumput yang tumbuh subur dengan sempurna, rumput Swiss membutuhkan penyinaran matahari sebesar 80 %.

Apabila terlalu lembab, pertumbuhannya kurang sehat atau tidak optimal. Supaya penampilannya tetap indah, lakukan pemotongan rumput secara rutin selama 1 bulan sekali.

5). Rumput Peking

Rumput peking memiliki penampilan cantik menyerupai rumput Swiss, hanya jika diperhatikan secara teliti, tekstur rumput peking lebih kasar. Untuk perawatannya sangat praktis, hanya memerlukan pemotongan 1 bulan sekali dan penyiraman secara rutin.

Memotong rumput peking secara rutin akan membuat daun rimbun secara merata dan daun tumbuh semakin lembut.  Saat terbaik untuk menyiram rumput jenis ini adalah saat sore hari.

jenis rumput taman

**

Kelima jenis rumput taman tersebut di atas perlu mendapatkan perawatan yang rutin sehingga kesuburan daun dan warnanya tetap terjaga.

Pemotongan rumput wajib anda lakukan secara rutin minimal sekali sebulan. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan daun semakin lembut dan rimbun, merata menutupi tanah sehingga penampilan taman semakin hijau. Jangan lupa lakukan penyiraman yang teratur dan waktu terbaik untuk menyiram adalah sore hari.

Semoga bermanfaat.