Loading...

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kecantikan, Wanita

cara-menghilangkan-jerawat

TERUSKAN.COM – Jerawat adalah salah satu masalah yang berkaitan dengan perawatan kulit wajah. Masalah kulit wajah yang satu ini pada umumnya menghinggapi mereka yang masih dalam usia pubertas. Namun tak jarang juga, para wanita dan pria dewasa terkena masalah kulit wajah ini

Penyebab Timbulnya Jerawat

Kira – kira apa sih penyebab jerawat bisa timbul? Jerawat dapat timbul karena beberapa faktor.

Loading...

Salah satu faktor penting adalah faktor hormonal, kenaikan kadar hormon pada laki – laki dan perempuan dalam usia pubertas. Kenaikan hormon ini dapat menyebabkan kelenjar keringat menjadi besar yang menyebabkan terjadinya produksi lemak yang berlebih.

Faktor lain penyebab jerawat bisa jadi karena adanya infeksi akibat bakteri penyebab jerawat. Bakteri Propionibacterium acnes, bakteri penyebab jerawat ini adalah bakteri anaerob, yang memerlukan sedikit saja udara untuk dapat berkembang.

Beberapa obat – obatan juga dapat menjadi pencetus timbulnya jerawat. Tak kalah penting, kosmetik yang digunakan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Apakah timbulnya jerawat dapat dicegah? Tentu saja, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat.

Berikut tips mudah mencegah timbulnya jerawat:

1. Rutin membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih

Debu yang menempel pada wajah dan minyak dapat menyumbat pori – pori, sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Nah, salah satu cara untuk membersihkan wajah dari kotoran debu ini adalah dengan membersihkannya dengan pembersih wajah.

Tentunya, pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bersihkan kulit wajah Anda 2x sehari jika wajah Anda berkulit normal. Berhati – hatilah dalam membersihkan wajah, agar kulit wajah tidak terkena iritasi.

cuci muka

2. Makan makanan yang bergizi

Makan makanan yang bergizi seperti buah dan sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat memperkuat perlindungan dari bakteri penyebab jerawat.

Beberapa buah dan sayur yang dipercaya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat seperti buah semangka, apel, dan pisang. Ke-tiga jenis buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih tentu saja sangat baik manfaatnya untuk tubuh kita, termasuk salah satunya mencegah timbulnya jerawat.

Air putih dapat membantu melembabkan kulit, selain itu air putih memiliki kemampuan untuk menetralisir racun, dan memperlancar etabolisme tubuh. Disarankan meminum air puth sebanyak delapan gelas sehari untuk menjaga kesehatan.

4. Berlahraga secara teratur

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin memiliki banyak sekali manfaat. Secara umum, olahraga teratur akan menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Berkaitan dengan jerawat, olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah. Maka itu, tak ada salahnya jika kita sejenak meluangkan waktu di pagi atau malam hari untuk berolahraga rutin, karena banyak sekali manfaatnya untuk tubuh.

**

Nah, ternyata cukup mudah bukan mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah? Ayo, tunggu apalagi.

Selamat mencoba!