Loading...

Cara Mengatasi Kebotakan Tanpa Obat-Obatan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

Cara Mengatasi Kebotakan

TERUSKAN.COM – Rambut rontok adalah salah satu masalah yang diderita baik pria ataupun wanita. Gen memainkan peran besar dalam kebotakan.

Para pakar sepakat bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan dalam mengatasi kebotakan yang terkait dengan faktor genetik, walaupun ada beberapa obat yang mampu mengurangi kerontokan rambut.

Loading...

Akan tetapi tentu anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada banyak penyebab rambut rontok yang bisa dicegah. Menurut D. Scwartz, selaku penulis dari Healthy Balance mengatakan bahwa ada sesuatu cara sederhana yang bisa membuat rambut tumbuh yaitu dengan mengubah cara perawatan pada rambut.

Rambut mati bisa disebabkan karena terlalu sering dikuncir atau dikepang secara ketat. Di sisi lainnya, perlakun kasar rambut lainnya juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. The American Academy of Dermatology pun merekomendasikan penggunaan conditioner dengan rutin serta membatasi penggunaan pengering maupun pengeriting rambut.

Pengobatan serta obat-obatan tertentu mampu menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Obat-obatan seperti pengencer darah, berta-blocker serta obat-obatan tekanan darah penghambat saluran kalsium, obat non-streiod anti-inflamasi untuk nyeri, antidepresan dan ibuprofen.

Perlu anda ketahui juga bahwa salah satu penyebab rambut adalah stress. Gangguan tiroid juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Tanda-tanda dari kerusakan tiroid ini yaitu rambut menipis dan menjadi kasar.

Nah jika anda ingin terhindar dari kebotakan, maka sebaiknya anda penuhi nutrisi di dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu anda agar terhindar dari rambut rontok dan kebotakan.

Di bawah ini ada beberapa nutrisi yang baik untuk dikonsumsi agar anda terhindar dari kebotakan.

1. Zat besi

Para dermatologi di Cleveland telah melakukan riset dan menghubungkan kekurangan zat besi yang ternyata memiliki kaitan dengan kerontokan rambut. Jadi bagi anda yang mengalami kerontokan rambut, itu saja bisa anda kekurangan zat besi.

Untuk menghindari hal itu anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang berasal dari daging merah, biji-bijian, sayuran berdaun gelap, tiram dan telur.

2. Magnesium

Kekurangan magnesium yang berkaitan erat dengan kadar kalsium menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Jika anda ingin memperbaikinya, maka anda bisa mengurangi asupan gula dan mengkonsumsi makanan seperti biji labu, bayam, lentil dan mackerel.

3. Selenium

Selenium dapat membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut. Menurut penelitian tahun 2010, kadar selenium yang rendah dapat menimbulkan kelainan pada folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selenium dapat anda temui pada sarden, tuna dan kacang Brazil.

4. Biotin

Beberapa jenis vitamin B diklaim berperan penting dalam membantu pertumbuhan rambut. Sejumlah ahli mengungkapkan bahwa biotin mampu membantu menumbuhkan rabun. Anda bisa mendapatkan bitorin dari makanan seperti ragi, telur, kenari, dan sarden

**

Nah itulah sedikitnya detail mengenai kebotakan pada rambut. Dengan ada cara-caranya itulah maka anda tidak perlu lagi khawatir karena anda akan terhindar dari kebotakan.

Jangan sampai usia anda yang masih muda malah membuat rambut anda mudah rontok hingga menyebabkan kebotakan. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh anda bukan?

Untuk itulah mulai sekarang anda bisa mengatasinya dengan mengonsmsi bahan-bahanan makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut.