Loading...

5 Tips Membersihkan Kamar Mandi Dengan Benar

Penulis: Amanda Rubrik: Desain

membersihkan kamar mandi

TERUSKAN.COM – Kamar mandi adalah salah satu ruangan vital dalam rumah yang wajib dibersihkan lebih sering daripada ruangan lainnya. Mengapa demikian?

Kamar mandi adalah tempat bersarangnya kuman dan bakteri terbanyak karena di sanalah tempat kita membersihkan tubuh serta buang air besar maupun kecil. Membersihkan kamar mandi sayangnya tidak dapat dikatakan semudah itu.

Loading...

Tanpa mengetahui cara membersihkan yang benar, dikhawatirkan kuman dan bakteri akan lebih mudah menyebar ke dalam ruangan lainnya dalam rumah, serta pada peralatan membersihkan diri yang disimpan dalam kamar mandi tersebut.

Sebut saja sikat gigi, spons mandi, gayung dan barang lainnya yang disimpan di kamar mandi dapat terinfeksi kuman yang berasal dari toilet maupun kondisi kamar mandi yang tidak bersih.

Berikut adalah tips membersihkan kamar mandi dengan benar, agar kamar mandi Anda tidak hanya bersih namun juga sehat bagi keluarga.

1. Bersihkan Dengan Rutin

Kamar mandi sebaiknya dibersihkan secara rutin, setidaknya satu hingga dua kali seminggu. Jika toilet menjadi satu dalam kamar mandi Anda, maka Anda patut membersihkan toilet tersebut setiap hari. Mengapa demikian?

Toilet adalah salah satu sumber kuman dan bakteri terbanyak dalam kamar mandi, yang kumannya juga dapat menyebar dengan mudah ke seluruh ruangan kamar mandi.

Siapkan alat pembersih toilet seperti sikat dan disinfektan yang digunakan untuk membersihkan setiap hari.

2. Gunakan Sarung Tangan

Saat membersihkan kamar mandi, usahakan untuk menggunakan sarung tangan agar tangan Anda tetap bersih.

Selain itu, menggunakan sarung tangan juga dapat membantu Anda membersihkan kamar mandi dengan lebih baik karena tanpa sarung tangan, Anda lebih merasa enggan untuk membersihkan secara maksimal karena alasan jijik dan lain sebagainya.

Gunakan sarung tangan yang cukup panjang hingga menutupi area siku Anda.

membersihkan kamar mandi

3. Gunakan Disinfektan

Meskipun banyak terdapat produk pembersih kamar mandi, gunakan selalu disinfektan sebagai ‘senjata’ utama menghilangkan kuman dan bakteri.

Produk dengan fungsi menghilangkan noda dan berbau wangi belum tentu mengandung disinfektan yang sangat diperlukan untuk membuat kamar mandi benar-benar bersih.

Tips untuk menggunakan disinfektan adalah mengaplikasikannya setelah Anda menyikat lantai atau perangkat lainnya sehingga disinfektan dapat membersihkan lebih baik.

Selain itu, setelah diberi disinfektan, biarkan selama beberapa menit sehingga disinfektan tersebut bekerja sempurna sebelum Anda melanjutkan membersihkan serta membilas kamar mandi.

4. Memiliki Alat Pembersih Terpisah

Beberapa alat yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi seperti sikat, alat pel, lap pembersih dinding dan lain sebagainya sebaiknya dipisahkan dari alat pembersih ruangan lain dalam rumah.

Hal ini karena kamar mandi biasanya lebih kotor sehingga apabila menggunakan alat pembersih yang dicampur dikhawatirkan dapat membuat kuman dan bakteri menyebar dengan mudah ke ruangan lain.

Simpan semua alat pembersih kamar mandi dalam satu ember terpisah agar gampang ditemukan dan mudah untuk digunakan.

membersihkan kamar mandi

5. Bersihkan Dengan Detil

Selain toilet, bak kamar mandi, dinding dan lantai kamar mandi, fokuskan juga untuk membersihkan area tersembunyi lainnya.

Beberapa area seperti belakang toilet, kran wastafel, shower, tombol toilet hingga jendela kecil dan lain sebagainya sebaiknya tak luput saat Anda membersihkan toilet.

***

Dengan toilet dan kamar mandi yang bersih, Anda dan keluarga dapat terhindari dari berbagai kuman dan bakteri berbahaya yang mungkin saja berasal dari dalam kamar mandi.

Semoga bermanfaat.