Loading...

8 Kiat Sederhana Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

detoks

TERUSKAN.COM – Pada dasarnya, tubuh kita dapat mengeluarkan racun secara alami melalui buang air besar maupun kecil, keringat serta beberapa reaksi tubuh lainnya yang sebenarnya merupakan proses pengeluaran racun.

Racun dalam tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal, sepert pola hidup yang tidak sehat, merokok, mengonsumsi makanan cepat saji, mengonsumsi asupan atau olahan makanan dan minuman yang mengandung pengawet, serta penggunakan produk kecantikan dan obat-obatan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Loading...

Racun dalam tubuh jika terus dibiarkan tentu dapat berbahaya. Oleh sebab itu saat ini muncul berbagai cara detoksifikasi atau usaha mengeluarkan racun dalam tubuh yang dapat dilakukan lewat berbagai metode.

Baik dengan cara modern, tradisional, menggunakan perangkat bermesin maupun cara alami, semua hal tersebut dimaksudkan untuk membuat tubuh bersih dari racun yang berbahaya.

Namun begitu, sebenarnya Anda juga dapat melakukan proses detoksifikasi tersebut secara sederhana dan dalam aktivitas sehari-hari. Apa saja?

Berikut tips sederhana melakukan detoks untuk tubuh anda.

1. Mengurangi Makanan Olahan dan Cepat Saji

Makanan olahan dan makanan cepat saji banyak digemari karena praktis dan rasanya yang lezat. Akan tetapi di balik itu, makanan olahan dan cepat saji dapat meningkatkan racun dalam tubuh melalui bahan-bahan dan zat pengawet yang tidak bersahabat bagi tubuh.

Mulailah untuk menggantinya dengan makanan dan minuman yang lebih sehat dari bahan-bahan alami.

2. Minum Teh Hijau

Sudah tidak asing lagi jika teh hijau sering dimanfaatkan sebagai salah satu minuman detoksifikasi karena khasiatnya yang sudah terbukti. Minumlah teh hijau setidaknya sehari sekali untuk membantu proses pembuangan racun alami dalam tubuh.

Selain itu, kandungan anti oksidan yang tinggi dalam teh hijau juga dapat membantu tubuh Anda terhindar dari radikal bebas.

3. Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat membantu tubuh mengeluarkan racun secara alami. Hal ini karena saat kita berolahraga, aliran darah semakin lancar dan begitu pula aliran oksigen dalam tubuh.

4. Berkeringat

Berkeringat adalah salah satu upaya tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Saat Anda sakit demam misalnya, keluarnya keringat juga merupakan cara alami tubuh mengeluarkan penyakit dari dalam.

Oleh sebab itu, janganlah malas untuk berkeringat seperti berolahraga dengan teratur.

5. Rajin Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu minuman terbaik yang sehat bagi tubuh Anda. Rajin-rajinlah minum air putih setidaknya 8 gelas sehari karena air putih juga dapat membantu proses pengeluaran racun secara alami dari dalam tubuh Anda.

Racun yang dikeluarkan tubuh biasanya dikeluarkan melalui buang air kecil.

6. Sauna

Pergi ke sauna merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeluarkan banyak keringat sekaligus racun dari dalam tubuh. Sauna dapat Anda lakukan dalam klub olah raga ataupun spa yang menawarkan sauna.

7. Buang Air Kecil dan Besar Secara Teratur

Buang air besar maupun kecil juga merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan racun secara alami. Oleh sebab itu, janganlah selalu menunda-nunda untuk buang air besar maupun kecil.

Usahakan untuk melakukannya secara teratur, jika dirasa sulit, perbaiki asupan makanan dan minuman Anda sehingga proses buang air besar dan kecil Anda menjadi lancar.

8. Hindari Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Tips terakhir yang sangat penting adalah untuk tidak dan berusaha menghindari kegiatan merokok serta minum minuman beralkohol.

***

Itulah 8 cara mengeluarkan racun dari tubuh anda. Yang terpenting dalam proses pembuangan racun dalam tubuh adalah dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Semoga bermanfaat.