Loading...

4 Cara Tradisional Menghilangkan Kutil

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

cara menghilangkan kutil

TERUSKAN.COM – Jika ada gumpalan daging tumbuh di kulit anda, maka bisa jadi itu adalah sebuah kutil. Kutil yaitu daging tumbuh yang diakibatkan oleh HPV (Human Papiloma Virus). Hal ini sendiri disebabkan karena penebalan lapisan kulit luar yang berlebihan.

Kutil memang tidak memberikan rasa sakit pada penderitanya, namun tentu jika keberadaannya di luar akan membuat si penderita merasa malu dan tidak percaya diri. Kutil dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja. Bentuk dan ukurannya pun berbeda.

Loading...

Saat anda memiliki kutil, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkannya. Akan tetapi tentunya anda juga harus memperhitungkan tingkat resiko berbahayanya.

Jika kutil itu berbahaya, maka biasanya akan mengeluarkan darah saat disentuh. Jika sudah seperti ini, maka beberapa orang biasanya memilih untuk menjalani operasi untuk menghilangkan kutil tersebut. Bila anda merasa takut maka anda bisa memilih cara yang lebih alami dan tradisional untuk menghilangkan kutil.

Di bawah ini ada beberapa cara tradisional yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil, yakni :

1. Cuka

Cuka adalah jenis asam lemah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Jika anda ingin menghilangkan kutil, maka anda bisa menggunakan cuka. Hal ini lantaran cuka mengandung bahan yang mampu merusak jaringan pertumbuhan kutil serta mampu menghilangkan kutil sampai ke akar-akarnya.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan meneteskan cukup cuka pada kapas lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena kutil. Lakukan cara ini hingga 3-4 minggu maka kutil pun akan terlepas hingga akar-akarnya. Saat menggunakan cuka, akan ada rasa perih yang anda alami.

2. Kapur Sirih dan Sabun Colek atau Deterjen

Cara kedua yang bisa anda pilih untuk menghilangkan kutil yaitu dengan menggunakan kapur sirih dan sabun colek. Cara ini paling sering digunakan oleh masyarakat luas.

Caranya mudah yaitu anda hanya tinggal mencampurkan sabun colek dan kapur sirih. Pertama-tama, campurkan 1/4 sendok teh kapur sirih dengan 1/4 sendok teh sabun colek, lalu oleskan campuran itu di bagian kutil.

Jika rajin dilakukan, maka kutil pun akan terangkat. Jika kutil sudah hilang, maka anda bisa mengoleskan obat antiseptik pada bekas kutil agar lukanya mengering.

3. Daun Dewa

Daun dewa kerap digunakan sebagai obat penghilang tahi lalat, kutil dan luka bekas terpotong.

Anda bisa menyiapkan 5 lembar daun dewa lalu cuci menggunakan air hangat. Kemudian giling hingga halus dan balurkan gilingan daun dewa pada kutil. Jika sudah, maka anda bisa menggunakan kain kasa agar gilingan tersebut tidak berceceran.

4. Biji Jali

Salah satu cara menghilangkan kutil yaitu dengan biji jali. Anda bisa menyiapkan jali kering sebanyak 15 sampai 60 gram dan 6 gelas air. Lalu diamkan sampai air menyusut hingga 2 gelas saja. Kemudian saring air rebusan dan minum sebanyak 2 kali sehari.

**

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil. Meskipun kutil adalah masalah sepele, tapi sebaiknya jangan diremehkan. Obatilah kutil segera mungkin untuk menghindari bahaya-baha yang lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.