Loading...

Mengenal Food Combining

Penulis: Damianus Rubrik: Kesehatan

Food Combining

TERUSKAN.COM – Diet dapat dilakukan dengan berbagai cara. Saat ini kecenderungannya masyarakat yang ingin melakukan diet, memilih mengurangi porsi makanan, atau berpantang dengan makanan yang memiliki kalori tinggi serta melakukan olahraga atau fitnes.

Namun sekarang ini ada metode baru yang bisa anda terapkan untuk membantu program diet anda, metode ini adalah food combining.

Loading...

Food combining secara sederhana dapat didefinisikan sebagai pengaturan pola makanan dengan memisahkan makanan karbohidrat dan protein (hewani). Maksudnya pola makan ini mengatur, agar anda tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein pada waktu yang bersamaan.

Metode ini menjadi salah satu alternatif diet, mengingat berdasarkan penelitian tubuh akan mencerna makanan jauh lebih baik, apabila kita mengonsumsi makanan yang memiliki waktu cerna yang sama.

Maksudnya sebagai berikut, protein memiliki waktu cerna yang relatif jauh lebih panjang ketimbang karbohidrat. Untuk protein waktu cerna yang dibutuhkan adalah sekitar 4 jam, sedangkan untuk makanan yang mengandung karbohidrat adalah 3 jam, lalu untuk sayur-sayuran sekitar 2 jam. Dan untuk buah-buahan relatif jauh lebih cepat, yakni kisaran 10-45 menit, sedangkan lemak waktu cerna jauh lebih lama yang sekitar 6-8 jam.

Mengingat protein dan karbohidrat memiliki waktu cerna yang berbeda, maka dalam metode ini tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan makanan yang mengandung karbohidrat dalam waktu yang sama. Akan tetapi, makanan yang mengandung protein dapat dikonsumsi bersamaan dengan sayur-sayuran.

Jika anda ingin melakukan diet dengan menggunakan metode ini, berikut akan kami ulas beberapa pola food combining yang dapat anda terapkan.

Jeruk nipis peras dan air hangat sebagai pembuka

Setelah bangun tidur, bagi penganut pola makan food combiner, yang pertama mereka konsumsi adalah jeruk nipis yang diperas dan dicampur dengan air hangat. Minuman ini adalah minuman pembuka, dan juga memiliki fungsi sebagai tonik liver.

Dengan meminum jeruk nipis hangat di pagi hari akan memberi rasa segar dan konon dapat membangkitan semangat di pagi hari.

Sarapan buah

Usai meminum jeruk nipis hangat, biasanya seorang food combiner akan mengonsumsi buah sebagai menu utama sarapan. Menu buah dipilih, mengingat buah memiliki waktu cerna yang cepat yakni sekitar 10-45 menit, atau deengan kata lain buah jauh lebih mudah dicerna.

Biasanya pada pagi hari, energi dalam tubuh akan jauh lebih diprioritaskan untuk membuang sisa metabolisme. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna akan sangat membantu.

Untuk sarapan buah, pilih buah yang manis, berserat, dan berair, dan usahakan buah yang dikonsumsi adalah buah yang matang dengan sempurna. Dan untuk diingat, jangan memilih buah nangka, durian dan cempedak untuk sarapan pagi.

Makan siang dan makan malam

Karena pagi sudah dibuka dengan minuman jeruk nipis hangat dan sarapan buah, makan siang dan makan malam bisa dengan makanan apa saja. Hanya patut untuk anda ingat, anda tidak boleh makan makanan yang mengandung karbohidrat dan makanan yang mengandung protein dalam waktu yang bersamaan.

Jadi misalkan anda hendak makan siang dengan menu yang mengandung protein hewani, seperti ikan maka jangan ada nasi atau karbohidrat dalam menu tersebut. Namun anda bisa menyandingkan protein dengan sayuran yang tentunya tidak memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya.

Demikian pula, saat anda memilih menu makanan karbohidrat pada malam hari, jangan sandingkan makanan yang mengandung karbohidrat dengan protein hewani tapi anda bisa sandingkan dengan sayuran ataupun protein nabati, seperti tahu, tempe.

Makan dengan tertib dan tenang

Seorang food combiner yakin saat mengonsumsi makanan dengan duduk tenang, organ dalam tubuh juga dalam kondisi siap dalam melaksanakan fungsinya. Oleh karena itu, seorang food combiner akan sangat memperhatikan tata terbib makan, misal saat makan tidak perlu banyak gerak atau makan sambil berdiri atau jongkok, kemudian mengunyah makanan juga sangat diperhatikan.

Penganut food combiner akan mengunyah makanan 30-70 kali, yang jelas makanan yang dikunyah harus dalam bentuk bubur lembut sebelum ditelan.

Silahkan makan sekenyangnya

Dengan metode ini, anda diperbolehkan makan sekenyangnya. Jadi anda tidak perlu mentkar atau menimbang makanan yang hendak anda makanan.

Seorang food combiner dianjurkan makan sampai kenyang, artinya kenyang di sini adalah perut nyaman atau rasa kenyang yang wajar dan tidak berlebihan.

**

Nah, itu tadi sejumlah pola makan food combining. Jika anda ingin menerapkannya dalam program diet, atau ingin menjadi seorang food combiner, silakan saja untuk mencobanya!