Loading...

5 Jenis Vitamin Terbaik Untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

vitamin tumbuh kembang anak

TERUSKAN.COM – Seorang ibu pastinya akan selalu khawatir terhadap asupan gizi dan nutrisi untuk anak mereka. Selama tahap pertumbuhan anak, jika anak Anda tidak menerima jumlah vitamin yang cukup maka akan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Ketika seorang anak masih menyusu, mereka mungkin mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup, tetapi saat mereka sudah tidak lagi bergantung pada ASI, dari mana mereka akan mendapatkan nutrisi dan gizi?

Loading...

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan asupan nutrisi dan gizi pada buah hati Anda. Seperti beberapa penelitian yang dilakukan, ada beberapa jenis makanan terbaik yang dapat Anda berikan kepada anak Anda. Anda bisa mempersiapkan susunan makanan dan vitamin yang dapat mereka konsumsi setiap harinya.

1. Vitamin A

Vitamin yang anak Anda butuhkan saat mereka berada di usia pertumbuhan yaitu usia toodler, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin ini tidak hanya membantu anak untuk mendapatkan pertumbuhan normal dan perkembangan, tetapi juga membantu untuk perbaikan jaringan dan tulang.

Beberapa sumber vitamin A yang baik untuk dikonsumsi anak Anda dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti susu, keju, telur, wortel, ubi dan labu.

2. Vitamin B

Vitamin B sudah dikelompokkan dalam beberapa jenis vitamin B seperti vitamin B2, B3, B6, dan B12. Vitamin ini membantu metabolisme dan memberikan energi pada anak. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mengembangkan sistem peredaran darah dan saraf yang sehat.

Daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju, kacang-kacangan dan kacang kedelai merupakan sumber vitamin B Kompleks yang baik.

vitamin anak

3. Vitamin C

Vitamin ini adalah vitamin yang digunakan untuk membantu memperbaiki sel darah merah, tulang dan jaringan. Vitamin C akan membantu menjaga kesehatan gusi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan dan juga untuk memperkuat pembuluh darah.

Hal ini juga membantu dalam penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menjaga dari infeksi. Vitamin C dapat Anda temukan dari beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, tomat, dan pepaya.

4. Vitamin D

Vitamin lain yang perlu anak Anda dapatkan dalam masa pertumbuhannya yaitu vitamin D yang akan membantu tubuh untuk lebih mudah menyerap mineral seperti kalsium yang berfungsi untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat.

Selain itu, vitamin D juga diperlukan untuk mencapai tahap pertumbuhan dan puncak massa tulang.

Untuk kekebalan tubuh, produksi insulin dan regulasi pertumbuhan sel juga berasal dari vitamin D. Meskipun produk susu dan minyak ikan merupakan sumber yang baik dari vitamin D, namun sinar matahari adalah sumber terbaik dari vitamin ini.

5. Vitamin E

Balita membutuhkan asupan vitamin E yang cukup dalam keseharin mereka. Vitamin ini membantu untuk melawan kuman dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mengingat anak yang berusia 1-3 tahun sudah mulai belajar untuk bermain. Di samping itu, vitamin E juga membantu dalam menjaga pembuluh darah agar tetap lancar.

Berbagai makanan yang diketahui memiliki banyak kandungan vitamin E seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

**

Itulah 5 vitamin yang berperan penting dalam tumbuh kembang balita Anda. Untuk mendapatkan asupan vitamin, sebaiknya Anda memberikan buah atau sayuran.

Beberapa dokter tidak menyarankan Anda untuk menggunakan suplemen untuk melengkapi asupan vitamin anak Anda terlebih saat mereka masih pada tahap balita.

Semoga bermanfaat.