Loading...

Manfaat Bawang Putih Kuatkan Pertahanan Tubuh

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

bawang-putih

TERUSKAN.COM – Bawang putih (Allium sativum) merupakan tanaman herba semusim berumpun yang memiliki ketinggian rata – rata 60 cm. Tanaman ini tumbuh subur di ladang – ladang yang berhawa sejuk dan mendapat sinar matahari yang cukup yaitu di daerah pegunungan.

Batangnya berwarna hijau pucat, mempunyai akar bersiung – siung yang akan berkembang menjadi umbi besar berwarna putih. Masing – masing siung terbungkus oleh kulit tipis dan kalau diiris mengeluarkan bau yang sangat tajam.

Loading...

Daun bawang putih berbentuk pita (pipih memanjang), bertepi rata, berujung runcing, beralur, dan memiliki panjang sekitar 60 cm dan lebar 1,5 cm. Akar tanaman ini bersifat serabut dan bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan berbentuk payung cantik.

Bawang putih sudah populer sejak lama sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan pada beragam olahan masakan, juga sebagai obat tradisional. Meskipun demikian, masih banyak yang enggan untuk mengonsumsi bawang putih karena khawatir akan timbulnya bau mulut dan bau badan.

Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, mengonsumsi bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat memperkuat pertahanan tubuh terhadap beragam serangan penyakit.

Manfaat dan khasiat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh adalah :

1). Pencegahan Tekanan Darah Tinggi dan Jantung Koroner

Bawang putih kaya akan kandungan minyak atsiri yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Juga terdapat kandungan zat allicin dan aliin yang erat kaitannya dengan sifat anti kolesterol.

Zat tersebut ampuh guna mencegah anda dari terserang penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

2). Pencegahan Kanker

Bawang putih bagus untuk pencegahan sakit kanker. Bawang putih kaya akan kandungan organosulfida yang baik untuk memerangi sakit kanker perut dan usus besar.

Organosulfida yang terdapat dalam bawang putih sangat membantu hati dalam memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan timbulnya sakit kanker.

Beberapa penelitian epidemiologis menjelaskan bahwa orang yang suka mengkonsumsi bawang putih adalah lebih rendah resikonya terkena sakit kanker perut dan usus besar.

bawang-putih

3). Penyembuh Wasir

Cara pemakaian adalah bersihkan daerah anus dan sekitarnya dengan air hangat dan sabun bayi dan keringkan. Kemudian oleskan jus/pasta bawang putih sebanyak 3-5 kali pada anus yang sakit, tunggu beberapa menit hingga bawang putih kering lalu bersihkan kembali.

4). Mengontrol Gejala Diabetes

Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit bawaan yang ditandai dengan tidak cukupnya kandungan insulin di dalam tubuh sebagai media menjaga kelebihan kadar gula di dalam darah dan urine serta sering mengalami rasa kelaparan atau kehausan yang hebat.

Penderitanya selalu ingin mengonsumsi makanan yang manis – manis, dan memiliki berat badan yang cenderung berkurang.

Gejala utama adalah menurunnya daya tahan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit, gangguan kulit, berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. P

emakaian bawang putih secara rutin dalam diet anda merupakan salah satu cara tepat untuk memperoleh khasiat terbesar dari makanan yang dikonsumsi setiap hari untuk kondisi tubuh yang sehat.

**

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang banyak, namun masih ada beberapa orang yang enggan mengkonsumsinya secara utuh atau segar disebabkan rasa dan baunya yang menyengat,  sehingga saat ini diberikan alternatif mudah untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu tersedia beragam pil dari bawang putih untuk aman dikonsumsi.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda semua.