Loading...

Tips Jitu Bisnis Jasa Les Privat Bagi Mahasiswa

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis, Pendidikan

jasa les privat

TERUSKAN.COM – Salah satu jenis peluang usaha bagi mahasiswa yang paling banyak diminati adalah mengajar les privat. Mahasiswa yang mengambil kuliah di berbagai bidang terutama matematika, fisika, kimia memiliki peluang besar dalam menjalani bisnis ini.

Keunggulan bisnis jasa les privat adalah hampir tanpa modal. Seorang mahasiswa hanya perlu berbagi ilmu yang didapat di bangku kuliah, mengeluarkan sedikit tenaga dan waktu serta mengalokasikan biaya transportasi yang minim.

Loading...

Selain menambah pemasukan dan memupuk kemandirian di usia muda, mengajar les privat memiliki nilai lebih untuk mahasiswa itu sendiri. Dengan mengajar maka mahasiswa terdorong untuk semakin expert dalam bidangnya.

Berbagai masalah pelajaran yang dihadapi anak privat bisa menambah kreativitas sehingga bila nanti setelah tamat mahasiswa tidak canggung lagi terjun dalam dunia mengajar. Jasa les privat yang dijalani bisa menjadi salah satu pengalaman berharga untuk masa depan setelah wisuda.

Meskipun bisnis jasa ini sangat menggiurkan dan hampir tanpa modal, tak sedikit mahasiswa yang tidak bisa memanfaatkan momentum tersebut. Agar bisnis jasa les privat Anda lebih maksimal, yuk intip tips di bawah ini :

Kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar

Untuk mahasiswa yang kuliah di luar kota dan masih awam dengan lingkungan serta wilayah kota tersebut, sebaiknya mengirim lamaran ke lembaga bimbingan belajar saja.

Mencari murid privat sendiri di wilayah yang belum kita kuasai itu tidak mudah. Tak ada salahnya bergabung dengan sebuah lembaga. Lembaga ini sangat gencar mencari mahasiswa yang bisa mengajar baik di surat kabar online maupun offline.

Membangun jaringan sendiri

Salah satu kendala dan kekurangan kerjasama dengan lembaga adalah manajemen yang sudah terstruktur sedemikian rupa seperti waktu dan tempat yang sudah fix. Seorang mahasiswa terkadang tidak bisa menyesuaikan dengan manajemen tersebut sehingga kerjasama jadi kurang menyenangkan.

Selain itu, lembaga bimbel ibarat agen yaitu pihak yang mempertemukan murid dengan pengajar. Otomatis lembaga juga mengambil sebagian keuntungan. Beda bila seorang mahasiswa membangun jaringan privat sendiri maka semua uang yang diperoleh 100 % masuk ke sakunya.

Pahami dan kuasai materi pelajaran

Segala sesuatu membutuhkan perencanaan. Anda tidak bisa langsung terjun begitu saja tanpa mempersiapkan diri. Sebagai calon pengajar privat maka modal utama adalah paham dan menguasai apa yang akan diajarkan serta bisa menyelesaikan persoalan belajar yang dihadapi anak les nanti.

Pelajari juga kurikulum yang dipakai dan soal-soal latihan. Jika tidak, jangan kaget Anda akan kehilangan ladang bisnis Anda.

Melatih mental dan kepercayaan diri

Selain melatih diri lebih ekstra dalam penguasaan bahan ajar, seorang pengajar privat juga harus mempersiapkan dan melatih mentalnya. Bagaimanapun tidak semua mahasiswa yang mampu mengajar karena mental yang belum kuat berkomunikasi dan mengajar.

Memupuk percaya diri juga diperlukan karena kalau seseorang merasa minder dan ketakutan bagaimana orang akan memilihnya untuk menjadi pengajar.

Menjaga penampilan dan bersikap bersahabat

Kesan pertama yang baik biasanya terjadi karena penampilan seseorang yang rapi, bersih dan sejuk dipandang. Tak hanya itu, kesopanan, senyuman, keramahan dan sikap bersahabat juga menciptakan sebuah kesan.

Sebagaimana diketahui, yang akan dibimbing belajar adalah anak-anak dan remaja maka seorang mahasiswa harus berjiwa muda dan berperilaku menyenangkan agar anak privat betah belajar.

Tak sedikit orang tua yang memilih-milih pengajat privat. Oleh karena itu, jadilah yang terdepan dan bisa menarik bagi mereka agar bisnis jasa Anda terus bertahan.

Sesuaikan dengan jadwal kuliah

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa yang memberikan jasa privat adalah kurang bisa mengatur waktu. Tak jarang kemudian kuliah mereka keteteran karena harus profesional dengan bisnis mereka.

Agar kuliah tetap berjalan dengan baik, sebaiknya buatlah perencanaan dan manajemen waktu yang sesuai antara kuliah dan mengajar privat.

Tak pernah lupa mengevaluasi

Evaluasi dibutuhkan oleh setiap orang agar bisa berbenah diri dan mencapai hasil yang lebih baik di masa depan. Perhatikan sudah maksimalkan cara-cara dan metode mengajar Anda dan seberapa efektif bisa diterima oleh anak les.

Selain akan meningkatkan kinerja, setiap orang tua juga senang ada pengajar privat yang bersikap profesional dan mementingkan kemajuan anak les. Bila mereka puas maka tak heran bila kemudian mereka berlangganan les dengan Anda

***

Nah, itulah tips-tips penting yang perlu Anda ketahui dalam mengoptimalkan bisnis jasa les privat Anda. Kini peluang besar itu sedang menanti Anda.