Loading...

3 Olahan Berbahan Dasar Jamur Untuk Sajian Lebaran

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep, Wanita

TERUSKAN.COM – Kalian tahu jamur? Ya, suatu yang kadang kita sendiri bingung, mau menyebutnya tanaman atau bukan. Ngomong-ngomong soal jamur, ternyata ada beberapa masakan yang bisa kita buat dengan bahan dasar jamur. Masakan-masakan tersebut cukup mudah cara pengolahannya dan bisa didapatkan di supermarket dan pasar tradisional.

Ya, tak ada salahnya kan kita menyajikan makanan mudah dan murah di meja makan saat lebaran kan? Menurut saya sih, that’s not problem, selama… masakannya bersih dan juga sehat.

Oke baiklah, mari kita mulai bereksperimen untuk membuat tiga olahan berbahan dasar jamur untuk sajian lebaran. Yuk simak resep dan cara membuatnya.

Loading...

3 Olahan Berbahan Dasar Jamur Untuk Sajian Lebaran

Jamur Goreng Tepung

Untuk masakan pertama ini, Anda pasti sudah tahu bagaimana pengolahannya, benar bukan? Ya, cara mengolahnya memang mudah, yakni Anda hanya perlu menyediakan tepung terigu siap pakai yang banyak dijual di toko atau warung.

Kenapa harus menggunakan tepung siap pakai? Tentunya agar Anda tidak kesulitan untuk menambahkan garam, merica dan bahan lainnya ke dalam tepung. Selain tepung, Anda juga harus menyiapkan seledri, telur, dan tentunya jamur.

Setelah semuanya siap, maka Anda bisa memulainya dengan membuat adonan, yakni memasukkan tepung, telur, dan irisan seledri, lalu tambahkan air secukupnya. Jika sudah, celupkan jamur yang sebelumnya sudah dicuci dan kemudian goreng.

Untuk tingkat kerenyahannya Anda bisa mengaturnya sesuai selera, namun saran saya… akan lebih enak jika jamur gorengnya tidak terlalu renyah, kenapa? Karena ketika dimakan tekstur kenyal dari jamurnya masih akan terasa.

Jamur Orek

Untuk masakan kedua ini, Anda siapkan saja jamur, telur, lada hitam, bawang merah, bawang putih, seledri, dan margarine secukupnya. Jika semua bahannya sudah siap, Anda potong-potong bawang merah, bawang putih, dan seledri. Untuk jamurnya, bisa Anda suir-suir agak tipis… dan untuk telurnya bisa dikocok lepas, jangan lupa berikan garam seperlunya pada telur tersebut.

Tahap berikutnya adalah mencairkan margarine secukupnya, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Selanjutnya, masukkan jamur yang sudah diiris. Oh iya, jika sebelumnya Anda mencuci jamur Anda, maka sebaiknya diperas dulu hingga jamurnya kering, kenapa harus diperas? Karena jika tidak diperas akan memperlama proses memasaknya.

Setelah jamur setengah matang, masukkan kocokan telur dan diamkan sebentar, lalu kemudian aduk sebagaimana Anda membuat telur orek. Jika keadaan telurnya sudah setegah matang, maka Anda bisa memasukkan lada hitam dan juga seledrinya, aduk kembali hingga rata dan kemudian masakan pun siap disajikan.

Tumis Jamur

Untuk masakkan terakhir ini, Anda siapkan saja jamur, jagung manis yang sudah dipipil, bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica, garam, gula pasir.

Cara pengolahannya mudah, pertama Anda potong semua bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, dan daun bawangnya. Untuk jamurnya bisa di suir, namun jangan terlalu tipis. Jika sudah siap, maka proses memasak bisa Anda mulai dengan menumis jagung terlebih dahulu, kemudian setelah setengah matang masukkan bawang merah, bawang putih, dan aduk hingga wangi.

Selanjutnya, masukkan jamur dan tumis hingga jamurnya layu… jangan lupa untuk memasukkan daun bawang, merica, gula pasir, dan garam agar rasanya semakin enak.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.