Loading...

Variasi Olahan Tempe Yang Lezat Dan Bergizi

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Tempe merupakan makanan asal Indonesia, yang berasal dari hasil fermentasi biji kedelai yang kaya akan kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe pada umumnya dikonsumsi setelah digoreng, atau dicampurkan pada masakan seperti kare, opor, atau oseng sayuran.

Berikut beberapa olahan tempe yang dapat Anda coba di rumah sebagai variasi makanan sehari hari.

1. Kebab Tempe

Kebab merupakan kombinasi protein dan sayuran yang diberi saus barbeque dan dipanggang. Sebagai variasi, Anda dapat mengganti bahan utama kebab yang biasanya merupakan protein hewani, dengan bahan tempe.

Loading...

Potong kotak tempe, tomat, paprika, dan bawang bombay. Tusukkan pada tusuk sate, lalu baluri dengan saus barbeque. Panggang kebab tempe hingga matang.

kebab tempe

Kebab Tempe

2. Burger tempe

Jika Anda bosan dengan beef burger atau chicken burger yang terbuat dari protein hewani, yang biasa dijual, maka tidak ada salahnya Anda mencoba variasi burger yang mengandung protein nabati berbahan dasar tempe berikut ini.

Caranya haluskan 150 gram tempe, bumbui dengan 2 siung bawang putih, garam, dan lada yang telah dihaluskan. Tambahkan 2 sendok makan tepung terigu, lalu uleni hingga tercampur rata.

Bentuk menjadi bulat pipih melebar, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok, celup dalam tepung roti, goreng hingga matang. Sajikan bersama roti burger dengan ditambahkan dengan selada, saus tomat, dan mayonnaise.

3. Tempe saus bolognaise

Tempe dapat dimasak dengan saus bolognaise untuk dimakan dengan nasi maupun topping spagetti.

Buat saus bolognaise dengan cara mencampurkan 5 sendok makan brown sauce dengan 50 gram wortel yang dipotong kotak kecil dengan dibumbui lada hitam, garam, dan bawang bombay. Tambahkan 150 gram tempe yang sudah dipotong kotak. Masak hingga matang.

tempe-goreng-keju

Tempe Goreng Keju

4. Tempe Goreng Keju

Rendam tempe yang sudah dipotong ke dalam air yang sudah dicampur dengan bawang putih dan garam, biarkan sampai bahan ini meresap sempurna, Angkat tempe dari air, selipkan antara 2 irisan tempe dengan satu keju, dan balurkan ke dalam tepung panir.

Celupkan tempe pada kocokan telur yang sudah dicampur garam, masukan lagi ke dalam tepung panir, guling-gulingkan. Angkat dan goreng sampai warna tempe berubah kecoklatan.

5. Tempe Bakar

Selain digoreng, dikukus maupun diolah menjadi sajian berkuah, tempe juga dapat divariasikan menjadi tempe bakar.

Caranya panaskan minyak goreng untuk menumis, tumis bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, kunyit, jahe, dan garam. Masukkan juga bahan bahan seperti, serai, daun jeruk, serta lengkuas, tumis sampai mengeluarkan bau harum.

Tambahkan potongan tempe, aduk hingga merata dan angkat sisihkan. Ambil tusuk sate, tusuk tempe menggunakan tusuk ini dan bakar hingga matang sempurna.

tempe bakar santan

Tempe Bakar

6. Perkedel Tempe

Perkedel yang terbuat dari kentang dan campuran daging, kini dapat Anda ganti dengan tempe kukus yang dihaluskan dan dibumbui dengan bumbu perkedel seperti bawang merah, bawang putih, garam, lada, seledri dan ketumbar.

Kemudian bentuk adonan, dan celupkan pada kocokan telur. Goreng perkedel tempe hingga matang. Hidangkan panas-panas.

7. Peyek Tempe

Peyek biasanya terbuat dari adonan tepung beras yang diberi pelengkap ikan teri, udang ataupun kacang tanah. Anda dapat mengganti bahan tersebut dengan potongan tipis tempe, kemudian tuang adonan pada penggorengan dan masak hingga kering dan renyah.