Loading...

9 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kecantikan, Wanita

mengatasi-jerawat

TERUSKAN.COM – Jerawat merupakan benjolan yang muncul pada kulit muka yang timbul akibat peradangan dan disertai penyumbatan keratin pada kult. Penyebab umum munculnya jerawat adalah kelebihan produksi kelenjar minyak, terjadi penyumbatan kelenjar minyak pada permukaan kulit, dan bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi.

Berikut ini beberapa tips mengatasi jerawat yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

Loading...

1. Jus Sehat

Mengonsumsi jus sehat yang dibuat dari bahan-bahan mentah sangat efektif mengurangi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru karena kandungan vitamin, mineral dan antioksidan utuh yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Anda dapat membuat jus segar dari kombinasi daun peterseli, seledri, paprika hijau, bayam dan mentimun. Selain itu kubis ungu, yang diblender bersama apel merah dan paprika hijau juga disarankan untuk dikonsumsi.

Jika Anda menyukai jus segar dan manis, campuran bit, ubi manis dan wortel yang dihaluskan bisa menjadi alternatif jus sehat Anda. Jus sehat ini kaya akan vitamin A, zinc, dan vitamin B yang mampu mengurangi peradangan pada kulit muka.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi juga mampu meredakan peradangan ringan pada kulit wajah yang berjerawat.

Oleskan pasta gigi ke bagian wajah yang berjerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalam, jerawat yang meradang akan perlahan mengempis dan mengering, kemudian bilas wajah dengan air.

3. Lidah Buaya

Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore secara teratur.

Dengan cara ini jerawat akan dapat mengering. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Tomat mengatasi-jerawat

4. Tomat

Tomat adalah salah satu bahan yang cukup efektif menghilangkan komedo dan jerawat. Belah tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.

Mengonsumsi jus tomat secara rutin juga disarankan sebagai perawatan dari dalam.

5. Masker Putih Telur

Putih telur dapat digunakan sebagai masker wajah berjerawat. Caranya, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit.

Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

6. Lobak

Parut lobak secukupnya dan ambil airnya, tambahkan sedikit cuka apel. Kemudian oleskan pada muka yang berjerawat. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Baking Soda

Baking soda selain sebagai bahan pembuat kue, juga dapat diaplikasikan sebagai pasta kental penghilang jerawat. Caranya campur baking soda dan air untuk membuat pasta kental. Oleskan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit.

Campuran ini akan membuka pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Selain itu bekas jerawat yang sukar untuk dihilangkan juga dapat diatasi dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah biasa untuk membuat scrub, untuk hasil maksimal Anda dapat mencampurkan air lemon.

masker mengatasi-jerawat

8. Masker Apel

Haluskan apel dan beberapa tangkai seledri, tambahkan air jeruk lemon. Oleskan masker tersebut pada muka yang berjerawat. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air.

9. Bawang Putih

Bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah dengan air bersih.

**

Selain melakukan tips-tips di atas, Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan yang mengandung terlalu banyak gula.

Selain itu membersihkan wajah secara teratur disarankan untuk menghindari penumpukan debu dan polusi pada kulit wajah yang beresiko memicu timbulnya jerawat. Konsumsi buah, sayur dan air putih dalam jumlah lebih banyak membantu mengurangi produksi minyak, memerangi bakteri, dan juga menghaluskan kulit wajah.

Selamat mencoba!