Loading...

8 Cara Mudah Menghilangkan Nyeri Datang Bulan

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Kesehatan, Wanita

mengatasi nyeri haid

TERUSKAN.COM – Nyeri datang bulan atau dalam bahasa kedokteran disebut dismenore, sering terjadi terutama menjelang dan saat datang bulan. Dismenore ini juga disebut sebagai persalinan kecil, karena pada beberapa kasus nyeri yang muncul menyerupai nyeri kram saat melahirkan.

Hal ini tentunya menyebabkan lemas, pusing, mual, hingga tidak bisa mengendalikan emosi, yang berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari.

Loading...

Berikut tips untuk menghilangkan nyeri datang bulan yang bisa Anda coba di rumah.

1. Rutin Olahraga

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berlari kecil membantu melancarkan peredaran darah, hal ini dapat menghindarkan seorang wanita dari nyeri saat datang bulan. Olahraga seperti yoga juga disarankan untuk dilakukan, beberapa jenis yoga memang ditujukan untuk mengurangi nyeri datang bulan.

Olahraga lain seperti menari juga bisa membantu mengurangi nyeri, dan membuat Anda merasa nyaman dan ceria meskipun saat datang bulan. Semua olahraga ini dapat Anda lakukan dengan porsi yang cukup sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.

2. Makan Sayuran

Saat datang bulan, tubuh terasa lemas atau terkadang kepala terasa pusing karena tubuh kehilangan darah dan melepaskan zat besi, hal ini bisa dikurangi dengan makan sayuran terutama sayuran hijau seperti bayam dan sawi yang terkenal kaya akan zat besi.

Anda bisa memilih kangkung atau kembang kol yang juga baik untuk mengurangi rasa nyeri datang bulan.

3. Minum Air Putih

Ketika datang bulan, tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan sel sel dalam tubuh mengalami kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi, sehingga kondisi ini diterjemahkan otak sebagai keadaan yang mengancam dan timbullah rasa nyeri.

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu sel sel mendapatkan cairan yang dibutuhkan, terutama bagi sel otot untuk melakukan kontraksi dan relaksasi secara normal.

4. Mengurangi Konsumsi Kafein dan Gula

Zat kafein yang terkandung dalam coklat, teh dan kopi dapat menyempitkan pembuluh darah dalam tubuh sehingga aliran darah menjadi kurang lancar dan bisa menyebabkan darah yang harusnya keluar dapat kembali masuk ke tuba falopi sehingga terjadi iritasi dan menyebabkan nyeri.

Konsumsi gula berlebihan yang meningkatkan gula darah secara drastis dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi susu, karena susu dapat memicu produksi hormon prostaglandin berlebih yang menyebabkan rasa nyeri.

5. Mengonsumsi Sari Kunyit dan Temulawak

Kunyit dan temulawak mengandung zat kurkumin yang memiliki khasiat berlimpah diantaranya untuk membunuh kuman dan mengurangi kembung.

Saat datang bulan, seringkali perut terasa kembung dan hal ini menambah rasa nyeri yang muncul, hal ini dapat diatasi oleh zat kurkumin yang mampu meningkatkan sekresi cairan empedu untuk menghilangkan rasa kembung tersebut.

Selain itu zat kurkumin juga dikenal sebagai antikoagulan yang berfungsi sebagai zat penghambat penggumpalan darah, yang tentunya akan memperlancar aliran darah saat datang bulan.

6. Mengonsumsi Omega3

Hormon prostaglandin yang dihasilkan saat datang bulan adalah hormon yang merangsang kontraksi pada rahim dan hal ini akan diterjemahkan sebagai rasa nyeri. Namun, hormon ini dapat dikurangi dengan makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon, tuna, bayam, biji rami dan kacang kenari.

7. Mengonsumsi Cabai

Cabai mengandung zat capcaisin yang berguna untuk memperlancar aliran darah dan mencegah penggumpalan darah, yang tentunya akan mengurangi nyeri. Capcaisin juga merupakan zat antiinflamasi yaitu zat yang mengurangi radang yang disebabkan oleh non-mikroorganisme.

Selain itu rasa pedas pada cabai dapat menghambat pengiriman sinyal rasa sakit ke otak, dan juga mengurangi kembung. Mengonsumsi makanan mengandung cabai dengan porsi yang cukup sangat disarankan, namun Anda harus memahami kondisi tubuh Anda.

Pada beberapa orang, capcaisin pada cabai memicu alergi sehingga timbul rasa mulas setelah mengonsumsi makanan yang mengandung cabai.

8. Mengurangi Stress

Rasa nyeri yang terjadi pada saat datang bulan juga dapat timbul jika seseorang terlalu terbebani atau terlalu stress. Relaksasi, rekreasi maupun melakukan kegiatan yang menyenangkan di luar rutinitas sehari hari sangat disarankan.

Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri yang berasal dari stress maupun kekhawatiran berlebihan yang dialami wanita, sehingga wanita akan menjadi lebih ceria dan dapat mengendalikan emosinya dengan baik saat datang bulan.