Loading...

5 Tips Bekerja di Luar Negeri

Penulis: Damianus Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

Tips Bekerja di Luar NegeriTERUSKAN.COM – Bekerja di luar negeri, banyak pencari kerja yang tentu mendambakannya. Pasalnya dengan bekerja di luar negeri, peluang untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi ketimbang pendapatan bekerja di Indonesia jauh lebih besar.

Selain itu bekerja di luar negeri juga memungkinkan anda untuk berpetualang di tempat-tempat fantastis yang belum pernah anda kunjungi.

Sesudah anda diterima kerja di salah satu perusahaan asing dan kemudian menempatkan anda bekerja di luar negeri, tentunya anda beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum berangkat untuk bekerja di negara yang hendak anda tuju.

Loading...

Apa saja hal itu, berikut ulasannya.

Lakukan riset atau penelitian

Yang pertama, sebelum anda berangkat, pastikan bahwa anda benar-benar mengetahui kondisi dan situasi negara yang akan anda tuju, seperti

  • mata uang yang digunakan,
  • bahasa yang digunakan,
  • jenis visa yang digunakan,
  • alamat kedutaaan besar,
  • kondisi rumah tinggal atau rumah sewa di sana,
  • makanan yang dijual,
  • kondisi politik di sana,
  • kondisi perekonomian,
  • transportasi serta lingkungan dan budaya yang berkembang di negara tersebut.

Informasi ini penting agar memudahkan anda beradaptasi di tempat kerja baru anda.

Cari Informasi Kedutaan Besar Indonesia

Anda bisa mencari informasi tentang kondisi di negara yang hendak anda tuju dengan menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di sana.

Selain itu, dengan menghubungi KBRI anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai kebutuhan yang harus anda siapkan sebelum berangkat ke negara yang hendak anda tuju.

Buat paspor dan visa

Jangan lupa untuk menyiapkan paspor dan visa sebelum berangkat ke negara yang anda tuju. Jika negara yang anda tuju masih ada di kawasan Asia Tenggara, mungkin anda tidak membutuhkan visa. Namun jika di luar kawasan tersebut, tentunya anda harus menyiapkan visa.

Dan jika anda tidak memiliki paspor, sebaiknya anda mulai mengurus pembuatannya dari sekarang. Bagi orang yang bekerja di luar negeri, paspor sangatlah penting. Paspor ibarat kunci untuk memasuki negara asing.

Kemudian visa juga anda butuhkan, agar anda bisa menetap di negara yang hendak anda tuju.

Lulus izin keamanan dan tes medis

Kemudian, anda juga akan menjalani tes izin keamanan dan tes medis oleh Dinas Tenaga Kerja. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa anda tidak pernah terlibat tindak pidana.

Sedang tes kesehatan, dimaksudkan untuk memastikan bahwa anda tidak sedang mengidap penyakit berbahaya.

Pelajari bahasa

Bagaimanapun, komunikasi merupakan hal yang penting. Dalam bekerja anda butuh untuk berkomunikasi baik dengan atasan, rekan kerja atau bawahan anda. Maka sebelum anda berangkat, pastikan juga anda benar-benar memahami dan fasih berbahasa yang digunakan di negara yang anda tuju.

Menguasai bahasa yang digunakan di negara tersebut, juga akan memudahkan anda untuk menjalin relasi dengan rekan bisnis, atau bersosialisasi dengan lingkungan tempat anda tinggal.

**

Itulah lima tips bekerja di luar negeri yang bisa anda terapkan. Yang jelas, berada di tempat baru anda harus benar-benar mengenal tempat tersebut, sehingga nanti tidak akan membuat anda mengalami kesusahan.

Selamat mencoba!

(Ssumber Republika.co.id)