Loading...

Rumput Laut Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

manfaat rumput laut

TERUSKAN.COM – Rumput laut segar dan kering yang bisa dikonsumsi seperti nori, hijiki, dan beberapa jenis rumput laut yang lainnya termasuk juga arame, kombu, dan wakame kerap dimanfatkan sebagai bahan tambahan masakan di Negara Asia.

Rumput laut biasanya dimasukkan ke dalam makanan seperti tumisan, sup, salad, dan masakan-masakan yang lainnya. Rumput laut yang bisa dimakan tentunya berbeda-beda dan memiliki kadar nutrisi yang berbeda.

Loading...

Ada jenis rumput laut yang memiliki kandungan magnesium lebih tinggi dibandingkan kadar kalsiumnya, namun ada juga yang kandungan kaliumnya lebih tinggi dari kandungan proteinnya.

Akan tetapi secara keseluruhan, rumput laut tersebut memang memiliki nutrisi penting yang baik untuk tubuh seperti vitamin, protein nabati, serat dan minal.

Oleh karena itulah, mengonsumsi rumput laut memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini ada beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam rumput laut.

1. Protein

Di antara rumput laut yang dapat dimakan, nori memiliki gizi yang paling tinggi. Terbukti bahwa nori mengandung protein kisaran dari 30 sampai 50 persen.

Sebagian besar proteinnya berasal dari glutamate, amino alanin, dan glisin. Sementara itu rumput laut jenis kombu mengandung sekitar 10 persen protein.

rumput laut nori

2. Vitamin

Rumput laut jenis nori kaya akan vitamin A, B dan C, juga asam folat dan niasin. Wakame juga mengandung vitamin B.

Di sisi lainnya, meskipun rumput laut kombu dan hiziki rendah vitamin dibandingkan nori, kedua jenis rumput laut tersebut memiliki kandungan mineral yang tinggi.

3. Mineral

Umumnya, rumput laut mengandung mineral yang penting bagi tubuh seperti kalium, kasium, tembaga, natrium, besi dan seng. Tidak hanya itu saja, rumput laut coklat seperti hijiki dan kombu mengandung yodium.

Untuk Kombu, zat besi yang terkandung di dalamnya tiga kali lebih banyak sama seperti dengan nori. Sementara untuk Hijiki, zat-zat yang terkandung dalamnya ada tembaga, mangan, dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang dimiliki kombu.

4. Serat

Rumput laut umumnya mengandung jenis serat pembentuk gel, yang dikenal denagn nama polisakarida nonstarch. Untuk rumput laut jenis Wakame dikenal memiliki lebih banyak serat dibandingkan rumput laut jenis lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Kim Min Sun et al yaitu peneliti asal Korea mengklaim bahwa walaupun serat rumput laut berbeda dari serat yang ditemukan di dalam tanaman yang tumbuh di tanah, namun tetap memiliki manfaat seperti mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi lemak darah (trigliserida).

manfaat nori

5. Lemak sehat

Semua jenis rumput laut diketahui rendah lemak, tapi beberapa jenis rumput laut menawarkan sejumlah kecil asam lemak sehat omega-3 seperti Asam Dokosaheksaenoat (DHA), dan Asam Eikosapentaenoat (EPA) yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung serta mampu mengurangi trigliserida, peradangan yang berkaitan dengan arthritis dan tekanan darah tinggi.

Rumput laut juga bisa dijadikan sebagai makanan alternative yang sehat bagi anda yang ingin kebutuhan nutrisi asam lemak omega-3 dalam tubuh selain suplemen minyak ikan serta ikan.

**

Nah itu dia berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam tumbuhan rumput laut. Banyak sekali, bukan? Sehingga mulai skarang tidak ada salahnya jika anda rutin mengonsumsi rumput laut.