Loading...

8 Buah Dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

vitamin c

TERUSKAN.COM – Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang larut di dalam air serta berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Vitamin ini adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan zat besi serta meningkatkan sistem imun tubuh sehingga anda pun terhindar dari berbagai penyakit.

Vitamin C juga dikenal denagn nama kimia asam askorbat. Vitamin C merupakan vitamin antioksidan yang memang sudah diakui dapat menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristik vitamin C adalah mudah teroksidasi oleh cahaya, panas serta logam.

Loading...

Buah vitamin C dikenal banyak terkandung di dalam buah jeruk. Akan tetapi jika anda tahu bahwa sebenarnya ada buah-buahan yang mengandung vitamin C lebih banyak dari buah jeruk, salah satunya yaitu lemon dengan kandungan vitamin C lebih banyak 47% dari buah jeruk.

Buah-buahan Kaya Vitamin C

Di bawah ini ada beberapa buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

1. Pepaya

Buah yang satu ini cukup mudah didapat apalagi harganya juga cukup terjangkau. Buah ini kaya akan vitamin C, tidak hanya vitamin C saja, buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A dan B9 (Asam Folat) yang sangat baik bagi wanita hamil.

jus vit c

2. Stroberi

Stroberi termasuk ke dalam golongan berry yang kaya akan antioksidan. Buah stroberi juga diketahui mengandung vitamin C. warnanya yang cerah dan rasanya asam segar tentu bisa menyegarkan mata dan tenggorokan anda.

3. Kiwi

Kiwi adalah buah yang memiliki cita rasa yang cukup unik. Tekstur daging serta bentuknya juga terbilang eksotis. Sama seperti buah jeruk, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga sistem imun tubuh anda sehingga anda akan terhindar dari penyakit.

4. Jambu biji

Jambu biji termasuk buah kaya kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Jambu biji ini bisa anda makan secara langsung atau bisa diolah menjadi jus. Jambu biji ini memiliki rasa yang nikmat sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukai buah ini.

5. Cabai

Hal yang ternyata cukup mengejutkan adalah buah cabai juga mengandung vitamin C yang jauh lebih tinggi daripada jeruk. Hal ini tentunya adalah info yang baik bagi anda yang memang menyukai makanan pedas.

Akan tetapi sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena tidak baik bagi lambung anda.

vitamin c

6. Paprika

Tidak berbeda dengan cabai, paprika juga memiliki kandungan vitamin C. Paprika kuning mengandung vitamin C tinggi dibandingkan dengan paprika berwarna merah atau hijau.

7. Blewah

Buah yang berjenis seperti melon ini merupakan sumber vitamin C yang cukup besar. Buah yang bentuknya seperti labu ini kaya akan serat makanan, kalium, dan provitamin.

Nutrisi yang terkandung dalam buah blewah juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah dan menyehatkan fungsi ginjal.

8. Grapefruit

Grapefruit ini adalah buah yang sangat terkenal di Amerika. Buah ini termasuk ke dalam keluarga jeruk, di mana bentuknya seperti jeruk Bali. Buah ini diakui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.