Loading...

Cara Membuat Email di Gmail dan Yahoo

Penulis: Damianus Rubrik: Internet, Pendidikan, Teknologi

TERUSKAN.COM – Kini seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, berinteraksi, berkomunikasi dengan saudara, teman ataupun relasi tidak harus dengan tatap muka. Bahkan untuk mengirimkan surat, dokumen, ataupun file foto pun kini tidak harus datang ke kantor pos. Dengan perkembangan internet yang cukup pesat, beberapa hal tersebut kini dapat anda lakukan dengan menggunakan email.

Selain digunakan untuk berinteraksi, komunikasi dan mengirimkan dokumen atau surat, email juga dibutuhkan jika anda hendak membuat akun di sosial media, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Tumblr, Joomla, Blogspot, WordPress. Lantas bagaimana cara membuat email, berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Email di Gmail dan Yahoo

Loading...

Pilih salah satu penyedia layanan Email gratis

Untuk membuat Email, anda tidak perlu bingung karena saat ini ada banyak penyedia layanan email gratis, seperti Gmail.com, Yahoo.com dan masih banyak lagi. Untuk itu, anda tinggal memilih saja layanan email gratis yang akan gunakan. Saat ini email yang banyak digunakan adalah Gmail.com, Yahoo.com.

Pembuatan Email lewat Gmail

Jika anda hendak membuat email lewat Google Mail atau Gmail, cukup mudah, berikut langkah yang harus anda lakukan.

  • Langkah pertama adalah membuka situs Gmail.com. Setelah masuk ke situs tersebut, klik tombol “Buat Akun” atau Create an account yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu anda akan diminta mengisi form nama lengkap, nama depan dan nama belakang. Langkah selanjutnya isi alamat email sesuai yang anda inginkan, misalnya [email protected], usahakan alamat email yang anda buat belum pernah digunakan oleh orang lain.
  • Usai itu anda akan diminta menuliskan password atau kode rahasia yang nantinya akan berfungsi saat anda hendak membuka email anda. Selanjutnya anda akan diminta mengisi form data diri, seperti tanggal lahir, gender, nomor ponsel, dan mengisi kode yang sudah tertera di halaman tersebut, lalu anda akan diminta menuliskan lokasi atau negara dimana anda tinggal, lalu centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google.
  • Setelah itu klik tombol “langkah berikutnya”.
  • Setelah itu anda akan masuk ke halaman Gmail, dan anda juga bisa menambahkan profile picture dengan cara klik tambahkan foto profile,
  • Setelah memasukkan foto kemudian klik tombol “langkah berikutnya”, dan setelah itu email anda sudah jadi dan siap digunakan.

 Pembuatan Email lewat Yahoo

Banyak orang Email di yahoo, karena selain gratis, mudah cara pembuatannya, email ini juga memungkinkan anda untuk menggunakan layanan Yahoo Messenger. Berikut proses pembuatan email di Yahoo.

  • Langkah pertama buka situs Yahoo mail
  • Langkah kedua klik tombol “Buat Account Baru” yang ada di pojok kanan atas
  • Isi form yang sudah disediakan, nama lengkap, nama depan dan nama belakang. Langkah selanjutnya isi ID yahoo atau alamat email sesuai yang anda inginkan, misalnya [email protected], usahakan alamat email yang anda buat belum pernah digunakan oleh orang lain.
  • Setelah itu anda akan diminta menuliskan password atau kode rahasia yang nantinya akan berfungsi saat anda hendak membuka email anda. Selanjutnya di kolom yang ada di bawahnya, anda akan diminta menuliskan ulang password anda.
  • Selanjutnya anda akan diminta mengisi form data diri, seperti tanggal lahir, negara tempat anda tinggal, nomor ponsel, dan mengisi email alternativ, kosongkan jika anda memang tidak memiliki account email lain.
  • Kemudian klik tombol “buat akun saya”.
  • Selanjutnya anda akan diminta memilih dua pertanyaan rahasia, dan tentunya anda harus membuat jawabannya. Usahakan pilih pertanyaan yang mudah, dan tentunya anda juga tahu jawabannya. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan email anda. Setelah itu isi nomor ponsel anda, dan masukan kode anti spam. Dan setelah selesai mengisi kolom yang disediakan, email anda siap untuk digunakan.

**

Itu tadi sejumlah langkah pembuatan Email, cukup mudah bukan. Nah, yang anda lakukan saat ini adalah mencobanya. Selamat mencoba!!

link foto : http://farahzafira.blogspot.com/2009/11/cara-membuat-id-yahoo.html

http://kangasepsule.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-email-gratis-gmail.html

sumber : farahzafira.blogspot.com dan kangasepsule.blogspot.com