Loading...

Panduan Budidaya Bebek Petelur

Penulis: Damianus Rubrik: Bisnis

BUDIDAYA bebek-petelur

TERUSKAN.COM – Bebek petelur kini menjadi lahan bisnis yang banyak diincar. Mengapa demikian, pasalnya bebek selain dicari karena dagingnya, telurnya juga bisa dimanfaatkan.

Salah satunya penjual martabak telur, martabak telur sering kali menggunakan telur bebek sebagai salah satu bahan utama pembuatan martabak. Selain itu, di Jawa dikenal telor kamal yang juga dibuat dari telor bebek.

Loading...

Mengingat kebutuhan telur yang berwarna biru muda ini cukup tinggi di pasaran, maka banyak orang yang mulai merintis budidaya bebek petelur. Nah berikut kami akan mengulas cara beternak bebek petelur yang baik.

Apa saja langkah yang harus ditempuh untuk memulai budidaya bebek petelur, berikut ulasannya :

Siapkan Kandangnya

Untuk memulai budidaya bebek petelur, anda harus menyiapkan kandang tentunya. Kandang yang digunakan untuk budidaya bebek petelur ada tiga jenis kandang yang digunakan.

Yang pertama adalah kandang box atau juga dikenal dengan sebutan kandang anakan. Kandang ini biasa digunakan untuk memelihara bebek yang baru saja lahir.

Kemudian kandang yang kedua adalah kandang brower, kandang ini berbentuk ren, yaitu mengelompokkan beberapa bebek dalam satu kandang. Biasanya kandang ini digunakan untuk memelihara bebek yang sudah memasuki usia produktif.

Kemudian yang ketiga adalah kandang layar, kandang ini digunakan untuk bebek yang sudah bisa bertelor. Kandang ini memiliki dua bentuk yaitu kandang kelompok dimana dalam satu kandang ada beberapa bebek yang diletakkan di sana, dan juga ada bentuk baterai, dimana dalam satu kandang terdapat satu pasang bebek.

Itik_Petelur

Sediakan Bibit Bebek Petelur Unggulan

Sebelum memulai memelihara bebek, tentunya anda harus mempersiapkan bibit bebek yang akan anda rawat.

Yang jelas ada dua cara untuk mendapatkan bibit bebek petelur berkualitas, yang pertama dengan cara membeli telur tetas dari peternak lain yang secara kualitas sangat terjamin, kemudian cara yang kedua, anda membeli indukan bebek untuk kemudian diambil telurnya dan ditetaskan.

Sebagai informasi, indukan bebek yang baik ciri-cirinya memiliki tubuh tegak dan mempunyai bulu yang mengkilap dan tidak memiliki cacat pada tubuhnya.

Pemberian Pakan

Perlu anda ketahui, proses pemberian pakan kepada bebek petelur akan sangat mempengaruhi jumlah produksi telur yang dihasilkan. Yang jelas pemberian pakan yang baik, sangat memperhatikan nutrisi yang terkandung didalam pakan tersebut.

Untuk pakan bebek petelur, anda juga bisa memberikan konsentrat yang kemudian anda campur dengan berbagai macam sayuran atau ikan kecil. Tidak hanya itu saja, keong juga bisa menjadi alternatif pakan bebek.

Kemudian perlu perhatikan soal pemberian minum, mengingat bebek petelur adalah salah satu jenis unggas yang gemar minum.

Pemberian Vitamin

Agar bebek petelur anda tidak mudah terserang penyakit, anda perlu secara rutin memberikan vitamin. Pemberian vitamin ini dilakukan dengan cara mencampurkan vitamin pada pakan dan minuman yang dikonsumsi bebek.

bebek-petelur

**

Itulah tadi beberapa cara beternak bebek petelur yang baik, mudah bukan? Yang jelas dengan membudidayakan bebek petelur, anda bisa memperoleh dua keuntungan, yakni telur bebek dan daging bebek yang bisa anda jual di pasaran.

Selamat mencoba!

(Gambar: agen bebek.com, eastjavatraveler.com)