Loading...

8 Tips Agar Bekerja Lebih Menyenangkan

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Bisnis, Dunia Karir

Tips Agar Bekerja Lebih Menyenangkan

TERUSKAN.COM – Bekerja adalah kebutuhan manusia. Dengan bekerja tidak hanya kebutuhan finansial yang terjaga tapi juga emosional dan psikologis. Sayangnya, tidak semua orang yang bisa menikmati pekerjaannya karena faktor tertentu.

Tidak sedikit orang yang merasa kehilangan kenyamanan di tempat kerja. Mereka kemudian seperti orang yang terpaksa bekerja sehingga pekerjaan yang mereka lakukan seolah-olah menjadi beban.

Loading...

Kurangnya kenyamanan dalam bekerja dan bekerja yang terasa seperti beban, tidak hanya akan menghambat kesuksesan karir tapi juga menimbulkan berbagai penyakit baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, setiap orang harus berusaha ekstra untuk membuat pekerjaan lebih menyenangkan.

Apapun pekerjaan Anda saat ini dan bila belum bisa menikmati pekerjaan, tak ada salahnya mengikuti tips berikut ini :

Berhenti bekerja setengah hati

Tak sedikit orang yang memiliki tujuan yang kurang jelas dalam bekerja. Selain tidak punya visi misi, mereka juga menganggap pekerjaan sebagai rutinitas belaka. Mereka tidak melakukan pekerjaan tersebut sepenuh hati.

Kurangnya semangat dan keikhlasan inilah yang kemudian membuatnya seperti orang yang terpaksa bekerja. Bekerjalah dengan niat, tekad dan target yang jelas sehingga antusias itu bisa muncul.

Syukuri, terima dan cintai pekerjaan

Memang yang paling menyenangkan adalah ketika seseorang berhasil memiliki pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan. Bisa bekerja ditempat dan di bidang yang dicintai memberikan kebahagiaan tersendiri. Tapi hal-hal tertentu kadang tidak mendukung seseorang bekerja sesuai dengan impiannya.

Tentu saja dalam bekerja tidak hanya disebabkan oleh ambisi pribadi. Ada kebutuhan keluarga yang menuntut untuk dipenuhi. Oleh karena itu, apapun pekerjaan Anda saat ini berusahalah menerima dan mencintainya. Bagaimanapun kesempatan jarang datang untuk kedua kalinya. So, syukuri apa yang Anda miliki hari ini.

Menjaga hubungan dengan teman sekantor

Salah satu penyebab ketidaknyamanan di kantor adalah retaknya hubungan dengan sesama karyawan. Setiap karyawan memiliki watak dan target pribadi sendiri. Hal ini tak jarang menimbulkan gesekan satu sama lain.

Bersaing menjadi yang terdepan sah-sah saja tapi harus profesional dan hubungan tetap harmonis. Hubungan yang kurang baik akan meresahkan jiwa, menimbulkan prasangka dan hal-hal buruk lainnya sehingga keindahan serta ketentraman di tempat kerja bisa lenyap seketika.

Berpetualang atau tidak akan menjadi apa-apa

Pada hakikatnya tidak pekerjaan yang benar-benar nyaman 100%. Oleh karena itu, berpindah-pindah atau gonta ganti pekerjaan tanpa alasan dan tujuan yang jelas juga belum tentu baik. Hal ini hanya akan merugikan dari segi waktu, tenaga dan juga mungkin uang. Seyogianya, bekerja itu ibarat sebuah petualangan dimana seseorang harus berjuang dari awal hingga akhir.

Ketika Anda sudah mendapatkan sebuah pekerjaan yang kurang lebih sesuai, maka bertahanlah di dalamnya hingga Anda berhasil dan menjadi ahli atau Anda hanya akan disibukkan oleh keinginan yang tidak jelas.

Tidak berpokus pada uang semata

Ketika Anda bekerja hanya untuk uang maka yang Anda dapatkan hanyalah uang. Tapi bila Anda bekerja untuk mengasah keterampilan maka Anda tidak hanya akan mendapatkan uang tapi juga ilmu dan pengalaman yang berharga.

Ketika seseorang hanya berorientasi materi maka kenyamanan itu akan sedikit berkurang dan keterpaksaan dalam bekerja perlahan-lahan muncul.

Sabar dan berani berproses

Tidak semua orang yang sukses hari ini langsung mendapatkan karir yang sesuai dan menyenangkan. Untuk berada di posisi hari ini mereka telah melewati berbagai ujian dan tantangan.

Jika pekerjaan Anda belum cemerlang, tetaplah sabar serta berani berproses hingga suatu saat Anda mendapatkan kesempatan yang jauh lebih baik dari pekerjaan dan posisi Anda sekarang.

Pilah urusan karir dan keluarga

Ada orang yang tidak bisa membedakan antara masalah pribadi dengan masalah pekerjaan. Mereka membawa urusan keluarga ke kantor sehingga mereka kehilangan konsentrasi dan pekerjaan keteteran.

Hal ini hanya akan menimbulkan stress baik di lingkungan kerja maupun di rumah. Tempatkanlah sesuatu sesuai dengan tempatnya.

Pahami tatacara kerja dan ketentuan kantor

Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang tatacara bekerja serta ketentuan di kantor kadang membuat orang merasa rendah diri sehingga merasa kurang nyaman. Ikuti informasi terbaru di tempat kerja sehingga Anda merasa lebih percaya diri.

***

Menikmati pekerjaan selain akan meningkatkan kinerja dan keuangan juga akan berpengaruh positif pada emosional dan kesehatan. So, berusaha agar bekerja lebih menyenangkan adalah sebuah keharusan.

Selamat berjuang.