Loading...

Cara Mengatasi Kejenuhan Hubungan Cinta

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Keluarga, Remaja

TERUSKAN.COM – Pada awal-awal jadian dan jatuh cinta biasanya sebuah hubungan sangat indah. Dunia terasa milik berdua. Kekurangan pasangan seakan tidak tampak. Hanya kebaikan dan kelebihannya yang kelihatan.

Semua tentang pasangan dianggap mempesona. Hal-hal yang tidak disukai kemudian disukai karena pasangan menyukainya.

Hari-hari terus berlalu dan usia hubungan semakin lama. Kebosanan dan kejenuhan mulai menghampiri. Tidak ada lagi kehangatan dan perasaan berbunga-bunga seperti dulu. Seseorang kerap dilamun kebingungan karena tidak jelas lagi apakah masih cinta atau tidak disebabkan kurangnya gairah. Kebahagiaan berkurang, yang ada hanya adalah rasa sumpek.

Loading...

hubungan jenuh

Kebosanan dalam jangka waktu panjang dapat membahayakan sebuah hubungan. Keinginan untuk memiliki sesuatu yang lebih menarik, membuat penasaran dan menimbulkan semangat kadang membuat seseorang mulai mencari hal baru seperti hiburan bahkan perselingkuhan.

Untuk menjaga hubungan agar tetap langgeng, berusaha mengatasi kejenuhan adalah sebuah keharusan. Nah, ini tipsnya buat Anda :

Romantis sekadarnya

Romantis itu pada dasarnya adalah sebuah kebutuhan dalam sebuah hubungan. Ibarat bumbu yang membuat masakan terasa lebih sedap dan nikmat. Namun, romantis itu juga harus sesuai dengan kadarnya.

Kalau kurang bisa mengurangi perasaan cinta dan kalau berlebihan juga bisa menjauhkan dari orang yang dicintai. Mengobral keromantisan setiap saat hanya akan menimbulkan kebosanan. Romantis bukan lagi sesuatu yang istimewa tapi menjadi biasa sehingga hati tidak lagi bergetar menerimanya.

Kepedulian dan kasih sayang yang tulus

Hubungan yang dijalin karena tujuan tertentu yang tidak bersumber dari nilai-nilai kebaikan, ketulusan dan niat yang lurus cenderung cepat pudar. Perhatian seseorang terasa dibuat-buat dan hati tidak lagi respek dengan seabrek perhatian yang ada.

Kepedulian dan kasih sayang yang tulus bisa membuat dua hati tetap terjaga. Hubungan yang seperti ini biasanya lebih mengarah pada sesuatu yang hakiki dan cinta yang sejati.

Cara Mengatasi Kejenuhan Hubungan Cinta

Kurangi intesitas komunikasi sementara waktu

Tak sedikit orang yang menelpon pasangan sekian puluh kali dalam sehari. Setiap saat ditanyakan apa saja yang telah dia lakukan. Alhasil, selain merasa dikekang, seseorang juga merasa bosan.

Komunikasi yang terlalu sering terkadang malah tidak menambah kehangatan tapi menghancurkan. Bila hubungan terasa hambar, ada baiknya berhenti menghubungi pasangan sementara waktu sehingga rasa rindu dan sayang itu muncul kembali.

Kejutan itu perlu sesekali

Hubungan yang telah berlangsung lama rentan dengan kejenuhan. Jika di awal hubungan rasa penasaran dengan karakter dan kebiasaan pasangan masih besar, setelah lama bersama seseorang jadi mengetahui pasangan dari A-Z.

Kebosanan muncul karena merasa tidak ada sesuatu yang baru dalam hubungan. Sebagai pasangan, tidak ada salahnya Anda memberikan sebuah kejutan seperti ajakan makan malam, hadiah, seikat bunga dan sebagainya.

Piknik dan traveling

Kadang kejenuhan juga muncul karena aktivitas pekerjaan yang padat. Seseorang jadi sibuk dengan urusannya sendiri dan pasangan merasa terabaikan.

Merencanakan piknik ke tempat wisata tertentu pada hari libur dan mengikuti sebuah perjalanan akan lebih menantang. Sedikit petualangan bersama pasangan akan membuat hubungan lebih mantap.

hubungan jenuh

Saling terbuka dan introspeksi diri

Sikap pasangan yang cenderung tertutup dan seenaknya sendiri bisa mendatangkan kejenuhan bagi pasangannya. Mengungkapkan sesuatu secara jujur, mengakui dan memperbaiki semua kesalahan diri kadang bisa menumbuhkan kembali hubungan cinta dengan seseorang.

Berikan kenyaman dan ketenangan

Pada hakikatnya, kenyamanan dan ketenangan adalah kebutuhan utama dalam sebuah hubungan. Bila kenyamanan itu hilang, tak mustahil cinta juga bisa berkurang karena yang ada hanya keresahan dan kegelisahan. Saling memberikan kenyaman akan membuat sebuah hubungan lebih kokoh.

Jadilah sahabat bagi pasangan Anda

Sebagian orang kadang terpaku hanya pada urusan perasaan mereka berdua. Padahal sesungguhnya, setiap orang tidak hanya membutuhkan pasangan dalam urusan cinta tapi juga pasangan dalam berjuang, berdiskusi dan sebagainya.

Jadilah sahabat bagi pasangan Anda, maka ia akan merasa tidak hanya memiliki kekasih tapi juga memiliki teman sejiwa dimana ia bisa leluasa berbagi tentang kebahagian, kecemasan dan harapan dalam hidupnya.

***

Sebagai manusia biasa, kebosanan adalah sesuatu yang normal. Begitu juga dengan hubungan dari dua manusia yang seyogianya berbeda watak, juga tidak luput dari masalah. Akan tetapi, setiap pasangan harus mewaspadai jangan sampai hal tersebut membuat hubungan jadi retak.

Semoga tips di atas membantu.