Loading...

Trik Agar Anak Mau Makan Buah

Penulis: Farah Yuanita Rubrik: Keluarga

agar anak suka makan buah

TERUSKAN.COM – Sebagai sumber gizi yang sangat baik karena kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah, buah adalah salah satu sumber makanan yang sangat penting, terutama bagi anak-anak. Karena dalam masa tumbuh kembangnya, dibutuhkan asupan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi sesuai dengan tahapan usianya.

Sayangnya, tak semua anak menyukai makan buah-buahan. Bagi sebagian anak, bentuk, tekstur maupun rasa buah tidaklah menarik. Terlebih bagi mereka yang lebih terbiasa mengonsumsi makanan kemasan yang rasanya cenderung lebih manis atau gurih.

Loading...

Karena pasti sudah mendapatkan gula tambahan dan bumbu penyedap atau penguat rasa, padahal makanan-makanan tersebut sebenarnya kurang baik bila dikonsumsi terlalu sering apalagi untuk anak-anak.

Selain jumlah kalorinya yang banyak dapat memicu obesitas dan gangguan kesehatan lainnya, adanya gula dan bumbu penyedap membuat anak kehilangan selera untuk memakan makanan yang bersifat alami seperti buah atau sayur yang rasanya tidak terlalu kuat sehingga terasa hambar bagi anak-anak yang lidahnya sudah terbiasa mengonsumsi makanan kemasan.

Oleh sebab itu, orangtua harus pandai mencari cara agar anak mau makan buah sehingga kebutuhannya akan nutrisi dari buah tetap terpenuhi.

Beberapa tips agar anak mau makan buah berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

agar anak suka makan buah

Beri Contoh

Tidak bisa tidak, cara terbaik membuat anak mau makan buah adalah dengan memberikannya contoh nyata, yaitu orangtua dan anggota keluarga lainnya juga suka makan buah. Semua orang pasti tidak suka bila disuruh-suruh, termasuk anak-anak yang juga enggan bila disuruh-suruh makan buah sedangkan yang lain tidak memakannya.

Karena itu, daripada Anda menghabiskan energi dengan memarahinya karena tidak mau makan buah, lebih baik Anda tunjukkan nikmatnya makan buah dengan menyantapnya di hadapan mereka.

Anda bisa berakting dengan menikmati buah seolah-olah sebagai makanan ternikmat di dunia. Biasanya seorang anak lebih tergiur dengan makanan orang lain daripada makanannya sendiri.

Sajikan Secara Menarik

Tampilan makanan kemasan memang sangatlah menarik, tak heran anak-anak kadang minta dibelikan bukan karena suka rasanya tapi tertarik kemasan dan bentuk makanannya yang lucu-lucu.

Anda jangan mau kalah, sajikan buah semenarik mungkin. Anda bisa berkreasi dengan menggunakan alat dapur seperti pisau atau cetakan kue untuk membuat bentuk yang menarik.

Menambahkan topping juga bisa menjadi pilihan. Misalnya Anda bisa membumbuhkan meses coklat atau warna warni di atas pepaya. Atau bila Anak suka makan coklat, Anda bisa meletakkan coklat berbentuk butiran kelerang berwarna-warni di atas potongan-potongan pisang.

agar anak suka makan buah

“Samarkan” dalam sajian lain

Agar tidak terlalu tampak, Anda bisa menyajikan buah dalam bentuk “penyamaran”. Misalnya Anda menambahkan potongan-potongan buah ke dalam puding atau agar-agar kesukaannya.

Bila anak adalah penggemar berat es krim, anda juga bisa menambahkan potongan dalam es krim lalu tambahkan susu kental manis agar mempercantik tampilannya.

Namun, bila hal itu masih saja ia tolak, coba Anda buatkan jus buah yang ditambahkan madu sebagai pemanisnya. Menambahkan krim float atau es krim di atas jus buah juga bisa memberi sensasi rasa dan penampilan yang lebih menggoda bagi anak.