Loading...

7 Tips Memiliki Dana Darurat

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Finansial

dana-darurat-

TERUSKAN.COM – Anda butuh informasi cara menyusun dan memiliki dana darurat untuk kehidupan anda? Dana darurat sangat esensial keberadaannya jika anda ingin aman. Dengan demikian, anda akan terhindar dari permasalahan keuangan ketika terjadi sesuatu tak terduga yang berdampak buruk.

Semua orang pastinya akan mengalami masalah yang berhubungan dengan uang, misalnya reparasi kendaraan pribadi, atau pun tagihan pengobatan, dan tanpa dana darurat yang dimiliki, maka anda berpotensi terjebak dalam masalah.

Loading...

Berikut adalah beberapa cara untuk memiliki dana darurat, dilansir dari allwomenstalk.com.

Mengurangi pengeluaran

Cara terbaik yang satu ini sudah tentu akan membantu anda untuk memiliki dana darurat, sebuah nasihat keuangan klasik yakni kurangi pengeluaran anda!

Coba anda teliti lagi, hal-hal apa saja yang pengeluarannya dapat diminimalisasi dan tak terlalu penting. Anda mungkin akan menemukan, beberapa pos pengeluaran yang tak dibutuhkan setiap bulannya.

Simpan sisa uang anda untuk keperluan darurat, dan dalam 6 bulan anda sudah dapat mengumpulkan jumlah uang yang banyak.

Uang bonus

Jika anda seorang karyawan, apakah anda mendapat bonus baik tahunan atau bulanan dari perusahaan? Karena ini merupakan cara termudah untuk menambah simpanan dana darurat anda.

Selain itu, ini merupakan cara terbaik pula untuk menabung hasil bonus anda dan bisa anda gunakan saat hari ulang tahun tiba atau perayaan keagamaan tertentu. Sesekali, anda pun bisa menghibur diri sendiri dengan hasil simpanan dari  jerih payah anda.

dana cadangan

Pekerjaan sampingan

Apakah anda punya waktu untuk memiliki pekerjaan sampingan atau bisnis kecil-kecilan untuk dijual secara online lewat eBay atau Etsy? Cara ini juga sangat baik untuk menambah pundi-pundi keuangan anda.

Seperti halnya bonus, jika pekerjaan utama anda dapat menutupi kebutuhan sehari-hari, maka anda bisa memanfaatkan tambahan penghasilan untuk dana darurat.

Bayar langsung

Konidisi pikologis sangat penting untuk menyusun dana darurat. Buatlah menjadi mudah bagi diri anda sendiri, dengan menetapkan pembayaran langsung dari akun rekening saat ini ke akun dana darurat.

Cara ini akan membuat uang yang dikeluarkan setiap bulan benar-benar dipergunakan untuk kebutuhan rutin yang memang penting, anda pun tak akan tergoda menggunakannya untuk hal-hal tak penting.

Mulai dari yang kecil

Jika anda menemui kesulitan untuk terbiasa menabung, mulailah dari tujuan yang kecil. Misalnya, anda dapat memulainya dengan menabung sebanyak 500 dolar, dan ketika anda berhasil mencapainya, mulai tingkatkan angkanya misalnya, menjadi 1000 dolar atau 2000 dolar.

Tips Keuangan

 Jangan menyentuhnya

Dana darurat benar-benar harus anda jaga, jangan sampai anda hamburkan untuk membeli kebutuhan non esensial seperti tas atau sepatu. Begitu pun dengan liburan.

Hal-hal tersebut memang lebih menyenangkan, dibandingkan menabung untuk kebutuhan medis darurat atau saat terkena pemutusan hubungan kerja. Namun, tentunya, dengan memiliki dana darurat setidaknya akan memberi sesuatu yang lebih bernilai bagi anda, yakni ketenangan pikiran.

Jual barang yang tak diperlukan

Terakhir, mulailah mencari sesuatu barang di rumah yang bisa anda jual. Mungkin, anda memiliki jumlah baju yang berlebih dan sebagiannya tak pernah anda pakai atau pun benda lainnya. Jual sebagian, di mana uang yang nanti akan anda dapatkan untuk simpanan dana darurat.

Bagaimanapun, dana darurat adalah sesuatu yang mesti dimiliki semua orang, jadi jika anda belum memilikinya, maka mulailah sesegera mungkin. Misalnya, tetapkan tujuan untuk memiliki dana darurat minimal sebanyak 3 bulan biaya hidup anda.