Belajar Mengenali Stres

stressStres

Mengenali stres adalah langkah pertama dalam mengurangi dampaknya. Banyak dari kita menghabiskan begitu banyak waktu dalam keadaan stres, kita telah melupakan seperti apa rasanya sepenuhnya santai dan waspada. Sehingga akhirnya merasa bahwa menjadi stres adalah normal.

Bagaimana rasanya menjadi tenang dan bebas stres? Anda dapat melihat bahwa keseimbangan batin yang tepat adalah ketika melihat bayi yang tersenyum dengan penuh bahagia.

Loading...

Ketenangan adalah lebih dari sekedar merasa santai, menjadi peringatan merupakan aspek yang sama pentingnya untuk menemukan keseimbangan yang diperlukan untuk menahan stres, seperti yang telah dikutip dari helpguide.com

Jika Anda tidak merasa tenang, kurang waspada, kurang produktif, dan tidak fokus di sebagian besar waktu dalam kehidupan sehari-hari, maka hal ini bisa saja dipicu oleh stres.

Tips untuk mengenali ketika Anda sedang stres

Usir suara-suara yang mengatakan, “Oh, aku baik-baik” Perhatikan bagaimana ketika anda bernapas.. Apakah otot-otot Anda tegang? Kesadaran respon fisik terhadap stres akan membantu mengatur ketegangan ketika itu terjadi.

READ:  Tips Memilih Tabir Surya dari Ahli Dermatologi

Ketika lelah, mata terasa berat.  Bila Anda senang, Anda akan tertawa dengan mudah. Dan ketika sedang stres, tubuh Anda memungkinkan Anda untuk tahu itu juga. Cobalah untuk mendapatkan kebiasaan dalam memperhatikan ‘kode’ bahwa tubuh Anda sedang merasa lelah.

Amati otot dan bagian dalam tubuh. Apakah otot Anda ketat / sakit? Apakah perut Anda ketat atau sakit? Apakah tangan Anda mengepal?

Perhatikan napas Anda. Tempatkan satu tangan di perut, yang lainnya di dada. Perhatikan tangan Anda naik dan turun dengan setiap napas. Perhatikan ketika Anda bernapas sepenuhnya atau ketika Anda “lupa” untuk bernapas.

Jadikan Melepas Stress Sebagai Kebiasaan.

Menghilangkan stres secara cepat membutuhkan latihan, latihan, dan latihan lagi. Berikut adalah cara untuk membuat kebiasaan.

1. Belajar menggunakan indra Anda dengan cepat mengelola stres adalah sedikit seperti belajar mengemudi atau bermain golf. Anda tidak menguasai keterampilan dalam satu pelajaran, tetapi harus berlatih lagi sampai menjadi ahli.

Setelah memiliki berbagai kemampuan tersebut, Anda akan mampu menangani bahkan situasi yang paling sulit dari yang pernah Anda alami sebelumnya.

READ:  Waspadai 6 Gejala Medis Serius Ini!

2. Mulai dari hal yang kecil. Daripada ‘menguji’ alat bantu stres secara cepat, lebih baik anda memulainya dengan menangani stress mulai dari hal-hal kecil, seperti memasak makan malam pada akhir hari atau duduk untuk menyeimbangkan buku cek Anda.

3. Mengidentifikasi dan menargetkan. Pikirkan hanya satu tingkat rendah penyebab stres yang Anda tahu akan terjadi beberapa kali dalam seminggu, seperti Komuter.

Cobalah untuk menargetkan bahwa stres tingkat tertentu akan dengan cepat dihilangkan. Setelah beberapa minggu, targetkan penyebab stres kedua. Setelah beberapa minggu lagi, target ketiga dan seterusnya.

4. Uji masukan sensorik. Percobaan dengan masukan sensorik sebanyak mungkin. Jika Anda berlatih menghilangkan stres dengan cepat di perjalanan Anda untuk bekerja, bisa dengan membawa saputangan wangi, mencoba musik di lain hari, dan mencoba gerakan lain hari berikutnya.

Buatlah bersenang-senang menjadi moto Anda. Jika sesuatu tidak bekerja sesuai keinginan, jangan memaksa. Cobalah hal lain sampai menemukan yang cocok untuk Anda.

(photo: npr.org)