Loading...

5 Tips Fashion Busana Muslim

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Fashion, Wanita

hijab-netral

TERUSKAN.COM – Seorang muslim yang taat selayaknya tidak semata menjalani ibadah hanya untuk membina hubungannya kepada Allah subhanahu wata’ala (hablumminallah), tetapi juga harus memperhatikan hubungannya dengan sesama manusia (hablumminannaas), terutama dalam kaitannya untuk menciptakan suasana nyaman, harmonis, menyenangkan, penuh keindahan, yang nantinya juga akan berujung kepada kesyukuran dan peribadatan kepada Tuhan, karena Allah itu indah dan menyukai keindahan, seperti tersurat dalam kitab suci Al-Qur’an.

Islam mengajarkan kebaikan, kebersihan, kesopanan dan kemuliaan. Semua hal tersebut tercermin dalam berbagai aktivitas sepanjang hidup pemeluknya, seperti memulai segala sesuatu dengan do’a, menjaga kesucian baik di dalam maupun di luar sholat, berbicara dan bertingkah laku lembut, termasuk dalam hal berpakaian.

Loading...

Pakaian bukan sekedar penutup tubuh atau kebutuhan pokok saja, melainkan ada kaidah-kaidah tertentu yang sebaiknya diikuti, khususnya bagi kalangan muslim yang ingin mematuhi syariat Islam tanpa mengabaikan kondisi lingkungan yang modern dan tidak ketinggalan jaman.

Ada 5 tips yang mungkin bisa Anda simak dalam mengenakan fashion busana muslim:

1) Kenakan busana muslim yang syar’i

Artinya yaitu busana yang memenuhi syariat Islam. Busana bukan hanya harus menutup aurat, melainkan juga menutupi lekuk tubuh yang menonjol dan biasanya mampu merangsang nafsu lawan jenis, seperti bagian dada dan pinggul.

Saat ini masih banyak busana yang dikatakan sebagai busana muslim, padahal bahannya tipis atau ketat sehingga kulit maupun bentuk tubuh masih bisa terlihat.

Bahkan sebagian muslimah masih memperlihatkan lehernya dan hanya mengenakan penutup rambut. Sungguh hal ini merupakan kekeliruan yang sangat fatal.

busana muslim casual

2) Pilih bahan yang nyaman

Sebaiknya jangan menggunakan bahan yang menyerap panas yang menyebabkan Anda mudah berkeringat, apalagi jika Anda tergolong berbadan gemuk atau Anda merupakan orang yang mudah gugup. Pilih bahan yang tidak terlalu tebal dan adem.

3) Perhatikan letak aksen (renda, bordir, dan hiasan lainnya)

Jika Anda mengenakan jilbab/hijab yang panjang sampai ke pinggang misalnya, usahakan pilih busana yang aksennya berada di bawah (sekitar pinggang dan kaki) serta pergelangan tangan.

Sedangkan jika Anda mengenakan jilbab/hijab yang pendek hanya sampai dada atau dimasukkan ke bawah leher, silakan pilih busana dengan aksen sekitar dada, punggung dan lengan.

4) Jangan memadukan terlalu banyak warna

Memang soal warna adalah selera, tetapi akan lebih indah dipandang apabila warna busana serasi antara pakaian dan hijab, atas dan bawah, setidaknya satu jenis warna terang dan gelap dengan sedikit warna kontras pada aksennya atau dua warna kontras tetapi tidak bertabrakan.

Jika satu bagian busana bermotif, sebaiknya bagian lain polos dengan warna sesuai warna dominan pada bagian yang bermotif, misalnya jika hijab bermotif, gunakan pakaian yang polos, sebaliknya jika pakaian bermotif, pilihlah hijab yang polos.

Tren-busana-muslim-indonesia

5) Tidak menyulitkan Anda beraktivitas

Misalnya pergelangan tangan yang terlalu lebar atau berkancing dan sulit dibuka, akan menyulitkan Anda ketika hendak bersuci sebelum sholat, mencuci tangan sebelum makan, atau melihat waktu pada arloji yang Anda gunakan.

Bagian bawah yang terlalu lebar juga bisa menyulitkan Anda saat berwudhu dan mudah sekali terkena kotoran di sekitar Anda berjalan.

**

Semoga bermanfaat, dan semoga dengan mengenakan busana muslim Anda sekaligus bisa mensyiarkan agama Islam dengan mudah dan bahkan mungkin tanpa Anda sadari.