Loading...

5 Tips Membeli Tas Ransel

Penulis: Bintang Lukitaningrum Rubrik: Fashion

MEMBELI tas ransel

TERUSKAN.COM – Tas ransel atau lebih dikenal dengan sebutan tas punggung (bahkan orang-orang dari daerah tertentu menyebutnya tas gemblok atau tas gendong) sangat disukai oleh berbagai kalangan karena simple dan nyaman dipakai.

Mulai dari balita yang sudah memasuki usia prasekolah, siswa, mahasiswa, para karyawan, hingga kaum tua yang hobi travelling atau sekedar ingin membawa barang-barang bawaannya secara simple ketika bepergian dalam jarak dekat maupun jauh.

Loading...

Banyak alasan yang dikemukakan orang mengapa mereka memilih tas ransel untuk bepergian. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa tas ransel mudah dibawa karena cukup digendong (dikaitkan pada kedua bahu kanan dan kiri) sehingga kedua tangan bisa leluasa melakukan hal lain seperti membawa tas lain yang berupa tas jinjing, barang belanjaan, ataupun benda-benda lainnya, bahkan bisa juga sambil mengendarai motor, sepeda, atau mungkin bisa sambil berlari, mendaki, dan melakukan aktivitas lainnya tanpa kerepotan.

Dan fakta yang menyenangkan, membawa barang menggunakan tas ransel akan terasa lebih ringan karena beban benda terbagi rata pada kedua bahu kanan dan kiri, bukan tertumpu pada salah satu bahu atau tangan saja yang biasanya menyebabkan berat bawaan sangat terasa.

Beragam jenis tas ransel sangat tergantung pada fungsi dan kebutuhan si pemakai. Ada tas ransel yang digunakan untuk sekolah, untuk bekerja, untuk mendaki gunung, untuk bepergian (travelling), atau sekedar untuk bergaya (fashion).

Sesuai fungsinya tersebut, ukurannya pun berbeda-beda, ada yang kecil, simple, lucu, full colour, ringan, yang biasanya digunakan untuk kebutuhan fashion atau untuk sekolah, sampai dengan yang besar, tebal, banyak kantong dan berwarna gelap, yang biasanya digunakan oleh para traveller dan hiker.

Berikut 5 tips untuk membeli tas ransel, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk dihadiahkan kepada orang lain sebagai kado atau bingkisan.

memilih tas ransel

1. Tentukan fungsi atau tujuan penggunaan tas ransel

Benda apapun yang tepat guna pasti akan lebih baik. Untuk dipakai sendiri ataupun untuk diberikan kepada seseorang, pasti kita mengetahui untuk apa tas ransel itu nanti digunakan.

Tas ransel untuk sekolah tentu berbeda dengan tas ransel untuk bepergian jauh. Memang kadang-kadang bisa multifungsi, dan ini akan lebih menguntungkan, misalnya satu tas bisa dipakai untuk kegiatan sekolah atau bekerja sehari-hari, sekaligus bisa juga digunakan untuk berlibur.

2. Pilih bahan yang cukup tebal, jahitan kuat dan zipper yang tidak mudah rusak

Umumnya orang memakai tas ransel karena membawa barang-barang yang cukup berat seperti laptop dan buku-buku tebal, atau benda ringan dalam jumlah cukup banyak seperti berkas-berkas pekerjaan dan pakaian, sehingga menggunakan tas ransel terasa lebih ringan dan memudahkan.

Karena beban di dalamnya cukup banyak atau berat, perlu bahan yang kuat, tidak mudah sobek, begitu pula pada jahitan dan zipper (retsleting) yang sering dibuka-tutup.

Apalagi karena tas ransel dikaitkan di punggung sehingga kita tidak bisa melihatnya jika tersangkut sesuatu atau ada yang merobek (biasanya dilakukan oleh penjambret) maka harus ada antisipasi sebelumnya.

3. Cari tas ransel yang banyak kantongnya

Untuk menyimpan benda-benda kecil seperti dompet, buku saku, ponsel, dan lain-lain, serta memudahkan mencari dan mengambil barang-barang tersebut, maka perlu adanya kantong-kantong kecil di luar atau dalam tas.

Ruang dalam tas ransel yang relatif besar akan cukup menyulitkan kita mencari sesuatu yang kecil jika dicampur dengan barang-barang yang besar. Terutama untuk gadget atau laptop, harus ada kantong khusus supaya aman dari goresan benda lainnya.

tas ransel anak

4. Utamakan warna gelap dan mudah dicuci

Berbeda dengan tas jinjing atau tas selempang, kita sulit melindungi tas ransel dari debu atau hujan, karena letaknya di punggung, sehingga tas ransel akan mudah sekali kotor.

Untuk itu sebaiknya carilah tas ransel berwarna gelap dan mudah dicuci. Akan lebih baik apabila mempunyai cover yang terbuat dari bahan anti air.

5. Tidak perlu ada pelapis dalam yang terbuat dari kain

Lapisan kain di dalam tas ransel biasanya mudah sobek karena tersangkut benda-benda di dalamnya. Selain itu, akan sulit mencuci tas karena harus menarik kain lapisan ke luar tas supaya bisa kering.

Kecuali apabila lapisan kain tersebut dijahit lagi dengan busa yang lebar, biasanya untuk menahan laptop supaya aman dari guncangan, ini cukup baik asalkan tetap perhatikan kualitas kain pelapisnya.

**

Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli tas ransel. Sayang sekali apabila Anda sudah mengeluarkan uang cukup besar untuk harga tas yang mahal tetapi kurang fungsional dan berumur pendek.

Selamat berbelanja!