Loading...

7 Tips Mengatasi Sifat Pemalu

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Dunia Karir

Tips Mengatasi Sifat Pemalu

TERUSKAN.COM – Sifat pemalu dalam diri seseorang merupakan sesuatu yang sebetulnya perlu diatasi, bagi kebanyakan orang rasa malu terkadang memang harus ada dalam hidup kita.

Sebagian orang tumbuh dengan sifat pemalu, bahkan hingga mereka beranjak dewasa, namun bagi sebagian lain, sifat pemalu dapat menjadi masalah ketika seseorang ingin meraih berbagai hal positif dalam kehidupan.

Loading...

Misalnya, saat  diharuskan beradaptasi dengan lingkungan baru atau meraih sukses dalam karir dan bisnis di mana seseorang harus terbuka dengan berbagai tantangan sosial.

Anda mungkin tak bisa melawan sifat bawaan pemalu di dalam diri, namun sebetulnya anda hanya perlu perlu waktu dan cukup berlatih untuk lebih bersikap berani dalam hal-hal positif.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda mengatasi sifat pemalu, dilansir beautyandtips.com.

Berani

Kedengarannya sudah sangat jelas bukan? Langkah pertama untuk mengatasi sifat pemalu adalah berani mencoba untuk keluar dari zona nyaman, dan mencoba hal-hal baru. Satu langkah baru, sudah cukup.

Di waktu ke depan, anda pun akan dihadapkan pada berbagai peluang sosial, di mana lambat laun anda pun dapat mengusir sifat malu yang akan menghambat karir, cobalah, dan anda pun akan melihat bagaimana satu langkah baru akan mengubah hidup anda nantinya.

Mencoba berbicara

Yakinlah bahwa orang lain tak akan menganggap bodoh apa yang anda katakan, jadi cobalah untuk berani mengutarakan apa yang anda pikir benar.

Anda pun bisa melatih kemampuan berbicara anda, misalnya di depan kaca, dan bayangkan bagaimana suara anda akan mengisi satu ruangan yang dipenuhi banyak orang. Atur nada bicara anda dan volume suara, hingga anda mendapatkan yang kondisi yang tepat.

Yakinlah anda bukan pemalu

Jika anda terus meyakinkan dan berkata pada diri anda sendiri atau pun orang lain, bahwa anda bukanlah seorang pemalu, anda pun tak akan merasa malu berlebihan.

Banyak orang merasa khawatir bagaimana orang lain akan menerima mereka, bahkan hal ini pun bisa dialami oleh seorang pembicara terkenal sekalipun. Satu hal yang membedakan adalah seorang pembicara terkenal tak pernah mengungkapkan perasaan negatif pada orang lain.

Fokus pada orang lain dibanding diri sendiri

Ketika seseorang berbicara pada anda, cobalah untuk tidak mengkhawatirkan apa yang akan anda katakan, konsentrasilah pada apa yang lawan bicara anda katakan.

Jika anda tak berhati-hati, anda pun akan sibuk pada apa yang ingin anda katakan, dan anda pun akan merasa kikuk bahkan tak cenderung tak mendengar dan memperhatikan lawan bicara anda.

Jangan terlalu mengkritik diri sendiri

Ketika anda mengatakan sesuatu yang terdengar agak bodoh, lupakanlah kesalahan tersebut, dan yakinlah tak ada orang lain yang akan mengingatnya. Sebuah pembicaraan tak hanya berisi satu kalimat, jadi jangan terlalu menyalahi dan mengkritik diri sendiri secara berlebihan.

Praktek membuat sempurna

Coba identifikasi situasi di mana anda bisa merasa gugup dan terbukalah pada situasi-situasi tersebut secara perlahan. Jika anda menemui kesulitan berbicara dalam kelompok tertentu, mulailah dengan mencoba mengutarakan satu komentar atau pernyataan di kelompok tersebut.

Di lain waktu nanti, cobalah lebih banyak berkomentar, lebih banyak upaya anda melakukan, maka perlahan pun akan menjadi mudah.

Tarik napas

Jika anda merasa bahwa sifat pemalu anda berlebih dan merasa sangat gugup, cobalah untuk menarik napas panjang. Tak ada seorang pun yang akan memperhatikan anda melakukannya.

Cara tersebut akan membantu anda untuk lebih percaya diri sekaligus mengumpulkan kembali ingatan akan ide-ide yang ingin anda katakan.