Loading...

6 Macam Penyakit yang Disebabkan Stres Berat

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Tak dapat dipungkiri, stres adalah salah satu penyebab berbagai jenis penyakit, dari yang ringan hingga yang berat. Stres yang biasanya ditimbulkan oleh rasa cemas, gelisah, serta keadaan yang menyulitkan secara terus menerus tidak hanya dapat berdampak pada kesehatan mental, namun juga fisik.

Tubuh biasanya merespon stres dengan beberapa tanda-tanda gangguan kesehatan yang sebaiknya langsung kita tanggapi. Mengapa demikian?

stressed_person

Loading...

Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh stres berat dan berkepanjangan biasanya sering dianggap enteng dan dirasa mudah untuk diatasi. Padahal, jika dibiarkan saja, penyakit tersebut tidak hanya tidak sembuh, namun akan bertambah parah dan menyebabkan penyakit lainnya muncul.

Berikut adalah beberapa contoh penyakit yang dapat ditimbulkan oleh stres berat.

1. Membuat Kulit Kusam

Stres berat dan berkepanjangan dapat menyebabkan salah satu gangguang kesehatan yaitu kulit yang kusam dan rusak. Tidak hanya kulit tubuh, namun juga kulit wajah, dapat menjadi rusak karena keadaan stres berat.

Mengapa demikian? Ketika tubuh stres, tubuh mengeluarkan hormon seperti cortisol yang sebenarnya dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Keadaan ini membuat kulit lebih mudah terlihat kusam dan berjerawat.

Itulah sebabnya jerawat sering dikaitkan dengan stres atau depresi.

2. Rambut Rontok

Percayakah Anda? Stres dapat membuat Anda kehilangan rambut hingga 100 helai per harinya. Jumlah ini tentu dapat bertambah atau berkurang sesuai dengan tingkat stres Anda.

Oleh sebab itu jika Anda sedang merasa stres, sebaiknya tingkatkan asupan vitamin dan protein Anda melalui makanan dan minuman serta kacang-kacangan seperti walnut dan almond  untuk mencegah rambut rontok.

libido menurun

3. Menurunnya Libido atau Gairah

Libido atau gairah biasanya dipengaruhi oleh suasana hati serta tingkat kecemasan seseorang. Semakin bahagia seseorang, baik libido atau gairah pun juga semakin tinggi.

Hal ini karena kita memerlukan keadaan yang rileks, tanpa tekanan dan percaya diri untuk menyalurkan hasrat kita.

Stres yang menyebabkan rasa cemas, khawatir serta tidak rileks akan menurunkan libido atau gairah baik pada pria maupun wanita yang ditimbulkan oleh hormon cortisol yang dilepaskan tubuh saat stres.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga libido dan gairah adalah dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi beberapa makanan atau minuman yang dapat meningkatkan libido.

4. Pikun dan Linglung

Pernahkan ketika dalam keadaan stres, Anda tiba-tiba menjadi pikun atau linglung mendadak? Seperti lupa akan suatu barang, tidak mampu berkonsentrasi dengan baik hingga melakukan hal-hal dengan salah dan tidak seperti biasanya.

Hal ini dapat dipicu dari stres berat karena stres dapat menurunkan kinerja otak pre-frontal cortex yang dapat mengganggu ingatan jangka pendek.

Jika stres dan depresi berlanjut, tak jarang kasus linglung ini menjadi semakin parah hingga menjadi gangguan mental berat.

stres

5. Nyeri Otot

Stres dapat menyebabkan tegangnya otot dalam tubuh dan hal tersebut membuat Anda merasakan nyeri otot. Rajinlah mengonsumsi vitamin dan berolahraga untuk menghindari nyeri otot karena stres.

6. Nyeri Asam Lambung

Bagi Anda yang memiliki riwayat nyeri asam lambung, maka stres berat dan berkepanjangan patut dihindari karena dapat memperparah penyakit Anda.

Stres dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung dan menimbulkan rasa perih, nyeri serta mual yang berbahaya jika semakin buruk.

**

Itulah 6 penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh stres. Mulailah hidup sehat dan selalu berpikir positif agar Anda terhindar dari stres.

Semoga bermanfaat.