Loading...

4 Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Pendidikan

belajar bhs inggris

TERUSKAN.COMBahasa Inggris meruapakan bahasa international. Hampir setiap waktu kita sering menjumpai bahasa Inggris. Baik dalam dunia pendidikan maupun dunia umum (masyarakat). Bahasa Inggris, kini lebih akrab dan dekat dengan kehidupan kita hingga akhirnya, banyak masyarakat yang mempelajarinya.

Mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang menjadi lumrah di abad modern ini. Bisa dikatakan bahwa jika belum mampu menguasai bahasa Inggris seseorang akan terlihat tidak modern.

Loading...

Pendapat demikian memang terdengar sedikit berlebihan. Namun, dapat dibayangkan jika kita tidak menguasai bahasa Inggris yang sedang banyak dipelajari masyarakat. Tentunya, kita akan menjadi orang yang tertinggal daripada lainnya. Dan mempelajari bahasa Inggris di era modern ini sepertinya sudah menjadi keharusan bagi kita.

Kebutuhan sehari-hari kita yang tidak pernah terlepas dari penggunaan bahasa Inggris. Bahasa Inggris sering kita jumpai dalam bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan, bisnis, hubungan antar negara, hingga hal-hal yang lebih sederhana seperti produk-produk kebutuhan rumah tangga.

Maka dari itu mempelajari bahasa Inggris merupakan kebutuhan. Dan tentunya memberikan manfaat yang begitu besar bagi diri kita.

Berikut manfaat mempelajari bahasa Inggris:

Mampu Berkomunikasi dengan Orang Asing

Berkomunikasi merupakan aktivitas manusia yang tidak pernah terhenti. Bahkan, berkomunikasi merupakan kebutuhan pokok manusia dalam menjalani kehidupan. Namun bagaimana jika kita tidak mampu berkomunikasi dengan baik? Apakah kehidupan akan berjalan sempurna?

Apalagi jika bahasa Inggris telah banyak dipelajari masyarakat dan kita begitu jauh tertinggal. Tentunya dengan mempelajari bahasa Inggris kita akan mampu menyesuaikan diri dengan yang lainnya. Dan mampu beradaptasi dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik.

Mampu Menterjemahkan Produk-Produk Berbahasa Asing

Manfaat mempelajari bahasa Inggris juga akan membantu kita dalam menginterpretasikan atau menterjemahkan produk-produk yang berbahasa Inggris.

Dapat kita bayangkan, banyak sekali produk makanan yang petunjuk penggunaannya menggunakan bahasa Inggris, atau barang elektronik yang menggunakan bahasa Inggris, pamflet-pamflet, spanduk, undangan, dan lain-lain.

Membantu Dalam Pekerjaan

Dunia pekerjaan kini telah banyak yang memperioritaskan calon pekerjanya mampu berbahasa Inggris dengan baik. Bahkan untuk persyaratan lulus SMA bahasa Inggris menjadi prioritas utama.

Terlebih bagi mahasiswa yang akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi harus memiliki skor TOEFL di atas 550, dan hal-hal yang seperti itu sangat mempengaruhi kapasitas kita ketika melamar pekerjaan. Dengan mempelajari bahasa Inggris sangat memberikan manfaat untuk diri kita mempersiapkan segalanya untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Memiliki Percaya Diri dalam Bergaul

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mempelajari bahasa Inggris bukan hanya semata-mata untuk gaya-gaya. Namun pada kenyataannya memang benar adanya demikian.

Dengan mempelajari bahasa Inggris akan membuat diri kita tampil lebih percaya diri ketika bergaul. Alasannya sangat sederhana yaitu kita tidak akan merasa tertinggal dari lainnya.

**

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat mempelajari bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris kita tidak akan merasa tertinggal dari lainnya dan memberikan kita kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Secara sadar dan tidak sadar, bahasa Inggris seperti sudah menjadi bagian dalam hidup kita.