Loading...

Manfaat Kesehatan Memotong Kuku

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

potong kuku bayi

TERUSKAN.COM – Anda pastinya sadar bahwa kuku menjadi salah satu tempat menumpuknya kotoran yang akan menyebabkan penyakit. Sebagian besar dari Anda mungkin hanya merawat tubuh dan selalu mengabaikan daerah kecil seperti kuku kaki dan kuku tangan yang ternyata merupakan bagian penting lain dari tubuh kita.

Bosan, malas dan tidak begitu penting biasanya menjadi alasan mengapa Anda menunda-nunda untuk memotong dan membersihkannya yang pada akhirnya hanya akan membiarkan kuku tetap tumbuh dan menyimpan banyak kuman.

Loading...

Saat Anda melakukan hal ini dalam jangka waktu lama, hanya akan ada kerugian yang Anda dapatkan bukannya manfaat. Saat Anda memotong kuku ternyata banyak manfaat yang bisa Anda peroleh selain kebersihan tentunya.

Apa saja manfaat memotong kuku? Simak artikel di bawah ini.

1. Kerusakan Kuku

Kondisi ini mungkin jarang Anda dapati. Ini adalah kondisi medis yang paling serius yang disebabkan saat Anda tidak memotong kuku secara teratur.

Kuku akan tumbuh ke dalam atau dalam istilah medis disebut sebagai Onychocryptosis. Kondisi ini bisa menjadi sangat menyakitkan dan tidak menyenangkan. Bila Anda memiliki ukuran kuku yang besar, biasanya akan menembus kulit.

potong kuku

Beberapa orang memiliki kuku kaki yang melengkung pada bagian sudut-sudut atau sisi yang tumbuh ke dalam daging yang akhirnya menyebabkan rasa sakit dan bengkak dan kadang-kadang menyebabkan infeksi.

Rasa sakit dan nyeri dapat membuat jari kaki sangat sakit. Jika rasa sakit tak tertahankan, disarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

2. Infeksi Bakteri

Menjaga kuku tetap bersih adalah salah satu cara untuk menjauhkan dari resiko infeksi. Jika Anda sering menggunakan sepatu atau kaus kaki maka kuku kaki akan membuat pembentukan bakteri pada kaki yang tidak memiliki ruang untuk bernafas sehingga menyebabkan keringat.

Jadi cobalah memotong kuku Anda untuk menyingkirkan infeksi. Pastikan bahwa Anda tidak memakai kaus kaki kotor karena dapat menyebabkan infeksi kuku dan perkembangbiakan bakteri menjadi lebih cepat.

3. Penyakit Kulit

Saat Anda tidak memotong kuku secara teratur ada kemungkinan Anda akan terkena infeksi jamur, tinea (kutu air ) atau ruam merah dengan rasa gatal. Ini biasanya terjadi di antara jari kaki dengan bercak putih pada kulit.

manfaat potong kuku

4. Cedera Kuku

Jika Anda tidak memotong kuku, mungkin saja akan menyebabkan beberapa masalah.. Kuku yang panjang biasanya akan menyebabkan cedera seperti kuku patah atau terbentuk pintu.

Beberapa di antaranya akan menyebabkan penggumpalan darah pada bagian dalam kuku yang membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Jadi untuk menghindari cedera lain yang mungkin lebih para, pastikan Anda memotong kuku secara teratur.

**

Menjaga kebersihan kuku dapat menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Karena itu, pastikan Anda rajin memotong kuku saat sudah mulai memanjang dan membersihkan sisi kuku dengan baik dan benar.

Semoga bermanfaat.